Bersiap New Normal Pariwisata, Pilih 3 Destinasi Ini untuk Dikunjungi

Vien Dimyati ยท Selasa, 26 Mei 2020 - 17:32 WIB
Bersiap New Normal Pariwisata, Pilih 3 Destinasi Ini untuk Dikunjungi

Keindahan alam di Indonesia (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi Covid-19 telah mengubah perilaku manusia untuk menyambut new normal. Termasuk salah satunya new normal pariwisata.

Traveler akan menghadapi perilaku baru dalam berwisata usai Pandemi Covid-19. Mulai dari sarana transportasi akan menerapkan prosedur kebersihan dan kesehatan lebih ketat.

Selain itu, penginapan dan restoran akan menerapkan sistem 'self check-in' dan 'self service' kepada konsumen dengan tetap memerhatikan higienitas.

Bahkan, seiring dengan new normal pariwisata, objek wisata ekowisata diperkirakan akan digemari banyak orang.

Kali ini, jika Anda ingin mewujudkan berwisata secara new normal, tidak ada salahnya menikmati deretan tempat wisata ini. Anda bisa berwisata dengan tetap menjaga kesehatan dan higienitas.

Lantas, di mana saja tempat wisata eksotis yang bisa dikunjungi? Berikut ulasannya dirangkum, Selasa (26/5/2020).

Desa Wisata Tembi, Daerah Istimewa Yogyakarta

Ekowisata tidak melulu tentang alam. Anda bisa merasakan pengalaman liburan yang unik di Yogyakarta, yaitu di Desa Wisata Tembi. Di sini Anda bisa belajar membatik, melukis, membuat tembikar, sampai membuat tempe kedelai.

Selain belajar membuat kerajinan khas Yogyakarta, Anda juga bisa merasakan kehidupan pedesaan dengan tinggal di homestay yang ada di Desa Tembi, bertani, memancing, dan sebagainya.

Kawah Ijen, Jawa Timur

Keajaiban Kawah Ijen sudah banyak jadi perbincangan para wisatawan, baik domestik maupun mancanegara. Banyak fenomena alam langka yang bisa dinikmati. Salah satunya Danau Kawah Ijen yang dapat berubah warna tergantung sinar matahari yang masuk ke dalam danau.

Selain itu, yang paling dicari adalah blue flame yang hanya bisa dinikmati dini hari sampai sekitar pukul 05.00 pagi. Fenomena alam akibat tingginya kandungan sulfur pada tanah ini hanya bisa dinikmati di dua tempat di dunia, Islandia dan Kawah Ijen ini.

Taman Nasional Komodo, Nusa Tenggara Timur

Objek wisata ini menjadi kebanggaan Indonesia. Sebab di tempat eksotis ini terdapat kadal purba, Komodo. Digadang sebagai satu-satunya spesies dengan relasi langsung kepada dinosaurus dan didokumentasikan telah hidup sejak 30 juta tahun yang lalu.

Tidak heran Pulau Komodo menjadi wakil Indonesia sebagai salah satu dari 7 keajaiban dunia. Taman Nasional Komodo sendiri terdiri dari 3 pulau, yaitu Pulau Komodo, Pulau Padar dan Pulau Rinca.

Selain untuk melindungi habitat kadal raksasa ini, Taman Nasional Komodo difungsikan untuk melindungi kelestarian ekosistem flora, fauna, dan biota laut yang ada di sekitar ketiga pulau tersebut.


Editor : Vien Dimyati