Bukit Kapur Arosbaya Terkenal Indah, Pahatan Tebingnya Berbentuk Relief Unik

Vien Dimyati ยท Selasa, 14 Mei 2019 - 06:52 WIB
Bukit Kapur Arosbaya Terkenal Indah, Pahatan Tebingnya Berbentuk Relief Unik

Bukit Kapur Arosbaya terkenal indah dan favorit turis. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pesona Madura tak hanya Bukit Jaddih, Gili Labak dan Air Terjun Toroan. Anda bisa mengunjungi Bukit Kapur Arosbaya. Bukit bekas pahatan sisa penambangan kapur ini justru menghadirkan bentuk-bentuk unik. Keunikan inilah yang menjadi alasan wisatawan berkunjung ke sini.

Bukit Kapur Arosbaya mulai dikenal masyarakat luas lantaran tersebar di media sosial. Banyak wisatawan berkunjung ke sini hanya untuk berselfie ria sembari menikmati suasana yang unik dan khas. Anda dapat menikmati guratan relief yang memesona di beberapa dinding batu kapur. Relief tersebut berdampingan dengan tumbuhan paku. Meski dikelilingi batuan kapur, suhu udara di sini cukup sejuk.

"Bukit Kapur Arosbaya, Surga Tersembunyi di Madura. Bukit ini juga dikenal sebagai Bukit Pelalangan. Terletak di Desa Berbeluk, Kecamatan Arosbaya, Bangkalan, Madura, Jawa Timur. Ayo dolan ke sini. Tak hanya bekas pahatannya saja yang unik, warna Bukit Kapur Arosbaya yang merah merona menambah keunikan Bukit Kapur Arosbaya," tulis Instagram @ayodolan, Selasa (14/5/2019).

Bukit Kapur Arosbaya adalah sebuah tambang batu kapur biasa dengan bukit sisa pahatan. Bulit kapur ini dikenal luas sebagai objek wisata antimainstream. Memiliki lansekap buatan yang indah, seolah mempunyai jendela dan pintu dengan ruangan terbuka sebagai kolam. Di bagian tengah terdapat ruang terbuka yang cukup besar, layaknya panggung teater ala pura di Bali atau candi kuno di kawasan Dieng, Jawa Tengah.

Anda juga bisa menikmati pesona dari Bukit Kapur Arosbaya dengan masuk ke berbagai lorong sempitnya. Rongga atau gua yang ada di Bukit Kapur Arosbaya pun tercipta lantaran aktivitas penambangan batu kapur di wilayah ini. Aktivitas penambangan yang berlangsung selama bertahun-tahun tersebut memang menghadirkan mahakarya yang unik.

Akses menuju destinasi yang eksotis nan Instagramable ini terbilang mudah, karena letaknya tak jauh dari situs religi makam para Raja Bangkalan, Air Mata Ibu. Dari situs religi Air Mata Ibu atau Pesarean Aermata, masuk ke dalam jalan kecil di sebelah kanan Pesarean Aermata. Jaraknya sekitar setengah kilometer.

Sebaiknya parkir kendaraan di depan pintu gerbang. Jika ingin masuk lebih dalam ke Bukit Kapur, harus berhati-hati karena melewati tangga yang sangat curam. Usahakan datang pagi hari, karena bisa melihat keindahan bukit kapur yang disorot sinar matahari. Tiket masuk per orang Rp5.000. Biaya parkir mobil Rp20.000, motor Rp3.000.


Editor : Tuty Ocktaviany

TAG :