Darurat Wabah Corona Bikin Kangen Wisata Dieng, Negeri Atas Awan ala Wonosobo

Vien Dimyati ยท Jumat, 27 Maret 2020 - 10:20 WIB
Darurat Wabah Corona Bikin Kangen Wisata Dieng, Negeri Atas Awan ala Wonosobo

Keindahan Dieng (Foto : Instagram @ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Dieng menjadi primadona di kalangan wisatawan ketika travelling ke Wonosobo. Ada banyak tempat menarik di Dieng yang bisa dikunjungi wisatawan.

Masing-masing tempat memiliki daya pikat tersendiri. Salah satu tempat yang sangat populer dikunjungi adalah Gardu Pandang Tieng.

Tempat ini menjadi alternatif wisata bagi wisatawan di Dieng selain telaga warna. Tieng adalah nama desa yang ada di Dieng.

Lokasinya masih berada di kompleks wisata dataran tinggi Dieng. Desa ini terkenal karena keindahan alam yang disuguhkannya.

Desa Tieng berada di ketinggian kurang lebih 1.800 mdpl. Hal inilah yang membuat Tieng menjadi objek wisata yang sangat indah.

Berada di sini, Anda sesekali akan melihat kabut menyelimuti desa. Tidak heran jika Tieng menjadi negeri di atas awan ala Wonosobo.

Berada di Tieng, Anda dapat menikmati pegunungan yang berjajar. Belum lagi hamparan hijau tanaman sayuran yang berundak-undak. Keindahannya mirip dengan lukisan.

"Dari kawasan jalan ini akan terlihat betapa megahnya Gunung Sindoro. Jika belum kesampaian muncak maka dari Gardu Pandang Tieng ini bisa dijadikan sebagai pengobat rindu. Apa lagi jika sobat ke sini dini hari maka akan terlihat lautan awan sembari sang surya pelan-pelan menyibak dari sela-sela gunung. Di siang hari pesonanya tak kalah indah, detail demi detail akan terlihat seperti di foto ini. Foto dolan dari @wonosobo_amatir," tulis Instagram @ayodolan dikutip Jumat (27/3/2020).

Berada di ketinggian 1.800 mdpl membuat pengunjung semakin dekat dengan pemandangan langit. Tak heran, kawasan perbukitan ini menjadi tempat yang tepat untuk menyaksikan matahari terbit.

Jika datang awal, Anda dapat menyaksikan keindahan Golden Sunrise. Meski dibuka pukul 5 pagi, sudah ada wisatawan yang datang lebih awal. Mereka tidak hanya ingin menyaksikan Golden Sunrise saja, tapi juga kabut.

Berada di area ini membuat pengunjung merasa berada di negeri atas awan. Oleh karena itu, penting memerhatikan cuaca sebelum berkunjung.

Selain menyaksikan pemandangan indah, pengunjung juga dapat menikmati sajian kuliner khas Dieng. Makanan dan minuman hangat banyak disajikan oleh penjaja makanan.

Sambil menyaksikan matahari terbit, dapat sambil menikmati kuliner yang menghangatkan tubuh.

Kawasan Gardu Pandang Tieng berada di Jl. Dieng, Sidorejo, Tieng, Kejajar, Kabupaten Wonosobo, Jawa Tengah. Dari pusat Kota Wonosobo hanya memakan waktu kurang lebih 30 menit.

Untuk tiket masuk, Anda hanya membayar tiket retribusi kawasan sebesar Rp10.000 dan berlaku untuk wisatawan domestik maupun asing.

Jadi Anda tidak perlu membayar biaya tiket untuk menikmati golden sunrise di Gardu Pandang Tieng ini. Bagaimana, tertarik menjelalahi Dieng?


Editor : Vien Dimyati