Desa Warna-warni Jodipan, Wisata Instagenik yang Mirip Rio de Janeiro

Vien Dimyati ยท Senin, 21 Januari 2019 - 20:10 WIB
Desa Warna-warni Jodipan, Wisata Instagenik yang Mirip Rio de Janeiro

Desa Warna-warni Jodipan Malang (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Tak hanya terkenal sebagai kota Apel. Malang juga terkenal memiliki berbagai destinasi wisata menarik untuk dijelajahi. Mulai dari wisata alam hingga tempat-tempat instagenik yang kerap diincar traveler milenial.

Salah satu tempat wisata instagenik yang wajib dikunjungi ketika travelling ke Malang adalah kampung warna-warni Jodipan. Sama dengan kampung-kampung lainnya, hanya saja Jodipan terlihat berbeda karena setiap sudut rumah, gang dan lainnya dicat dengan berbagai warna-warni menarik.

Banyak yang mengatakan, Kampung Jodipan mirip dengan Rio de Janeiro, Ibu Kota Brasil. Disini, traveler akan menjumpai berbagai spot instagramable untuk berswafoto, seperti lukisan 3D, karakter lucu, hingga gambar hewan menarik.

Spot paling diincar wisatawan ketika memasuki Kampung Jodipan adalah jembatan kaca bernama Embong Brantas. Berada di atas jembatan ini, Anda dapat melihat secara keseluruhan Kampung Jodipan.

"Image warna-warninya tampak nyata menghiasi dinding rumah warga di bantaran Sungai Brantas ini. Saking indahnya, wisatawan menjuluki Kampung Jodipan sebagai Rio Janerio-nya (Ibu Kota Brasil) Indonesia. Kemudian dikenal juga sebagai Kampung Warna-warni. Di sebelah Kampung Wisata Jodipan di kota Malang, ada Kampung Tridi yang tidak kalah photogenic, menyajikan spot-spot foto keren. Penuh warna, dengan gambar-gambar 3 dimensi yang terlihat sangat nyata," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, dikutip Senin (21/1/2019).

Kampung wisata ini berlokasi di Desa Jodipan, Kecamatan Blimbing, Kota Malang. Tepatnya di bawah jembatan rel kereta api Pasar Loak Rt 06 Rw 02. Kemunculan tempat wisata ini bermula dari salah satu ide yang begitu kreatif dari mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang. Dia beralasan, Kampung Jodipan ini sebenarnya mempunyai view indah dari Jembatan Brantas. Namun, karena kumuh menjadikan tempat ini tidak enak dipandang. Oleh karena itu, ide tersebut dibuat agar kampung Jodipan menjadi tempat wisata.

Untuk memasuki Kampung Jodipan, Anda hanya perlu membayar tiket Rp2.000 per orang. Kampung Jodipan terletak sekitar 500 meter ke arah selatan dari stasiun kereta api. Di sini, Anda dapat melakukan berjalan-jalan menyusuri kampung hingga berswafoto. Bagaimana, penasaran dengan pemandangan Kampung Jodipan di Malang?


Editor : Vien Dimyati