Eksotisme Pulau Dolphin di Kepulauan Seribu, Tempat Asyik untuk Kemah

Vien Dimyati ยท Jumat, 01 Maret 2019 - 13:00 WIB
Eksotisme Pulau Dolphin di Kepulauan Seribu, Tempat Asyik untuk Kemah

Keindahan Pulau Dolphin (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Melepas penat dari hiruk pikuk ibu kota, enaknya berlibur ke tempat yang menenangkan. Bagi warga Jakarta, tak perlu jauh-jauh pergi ke luar kota. Anda cukup datang ke kawasan wisata yang berada di Kepulauan Seribu Utara. Namanya Pulau Dolphin.

Pulau ini tidak berpenghuni dan terlihat eksotis. Semua fasilitas disediakan langsung oleh alam. Indah, alami dan bersih. Keanekaragaman pesona bawah lautnya juga sungguh luar biasa.

Pulau dengan spot camping tepi pantai terbaik ini berpasir putih dengan kontur pantai yang landai. Pulau Dolphin dikelilingi spot snorkeling dan lanskap pulau-pulau tak berpenghuni. Jika beruntung, Anda dapat menyaksikan nemo berenang di terumbu karang atau bahkan penyu.

"Pulau Dolphin ini merupakan pulau kecil yang menyediakan lahan untuk berkemah. Coba kamu bayangkan, melihat matahari terbenam di pulau yang berada di tengah lautan luas. Pastinya bakal terasa lebih syahdu!," tulis Instagram @backpacker_indonesia, dikutip Jumat (1/3/2019).

Bagi Anda yang tinggal di DKI Jakarta dan mau ke Pulau Dolphin tanpa menyewa agensi travelling, Anda bisa membeli tiket perahu di Muara Angke untuk menuju Pulau Harapan. Pulau Harapan merupakan jalur terdekat untuk mencapai Pulau Dolphin. Dari situ, Anda bisa menyewa perahu, menyeberangi lautan hingga mencapai Pulau Dolphin. Waktu yang ditempuh hanya 30 menit.

Para nelayan yang mengantar ke pulau tersebut biasanya akan menawarkan wisatawan untuk snorkeling. Melihat keindahan terumbu karang di perairan Kepulauan Seribu. Untuk melakukan snorkeling dalam perjalanan ini, Anda hanya memiliki waktu tiga hingga empat jam.

Tidak hanya snorkeling, Anda juga bisa menghabiskan malam yang seru dengan camping di sekitar Pulau. Pastikan mencari spot terbaik, seperti berada di sekitar tepi laut. Jadi, ketika membuka pintu kemah, Anda akan langsung disuguhi dengan suara ombak dan bau angin laut yang khas.

Aktivitas menyenangkan lain, yang bisa dilakukan adalah bermain pasir atau berenang di sekitar pantai. Harus diingat, Anda harus menyiapkan kemah dan hammock untuk bersantai sambil menikmati angin laut yang menyegarkan. Di pulau ini, Anda bisa menikmati matahari terbenam sambil bermain di laut dangkal yang memiliki air berwarna biru. Saking birunya, Anda bisa melihat pasir putih di dasarnya.

Jika berkunjung pada saat cuaca cerah, Anda akan disuguhi pemandangan sunset yang eksotis dari Pulau Dolphin. Pulau Dolphin tidak memiliki dermaga dan tidak memiliki penjagaan. Jika ingin berlabuh, perahu menambatkan badannya di pinggiran pasir pantai Pulau Dolphin. Meskipun tidak berpenghuni, di Pulau Dolphin sudah ada listrik. Di sini juga sudah ada toilet untuk buang air atau mandi.


Editor : Vien Dimyati