Gunung Bagus, Bukit Teletubbies ala Yogya Viral karena Kebun Jagungnya

Vien Dimyati ยท Jumat, 11 Januari 2019 - 09:49 WIB
Gunung Bagus, Bukit Teletubbies ala Yogya Viral karena Kebun Jagungnya

Pesona Gunung Bagus. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Yogyakarta memang tidak pernah kehabisan destinasi wisata yang membuat traveler terkesima. Tidak hanya foto-foto di spot Instagramable atau kebun-kebun bunga berwarna-warni. Kini, ada lagi destinasi wisata yang mirip Bukit Teletubbies. Bukit itu bernama Gunung Bagus dan sedang viral di media sosial.

Foto-foto menawan Gunung Bagus yang menyerupai Bukit Wairinding di Sumba, Nusa Tenggara Timur, beredar luas di media sosial. Hal ini membuat area hutan rakyat di Desa Giring, Kecamatan Paliyan, Gunungkidul, Yogyakarta, menjadi pembicaraan dalam beberapa hari terakhir. Saking viralnya, setiap hari ratusan warga menyambangi bukit yang menyerupai Bukit Teletubbies ini.

"Orang-orang menyebut tempat ini Sumbanya Yogya. Ya, bener juga sih, perbukitan ini mirip di Sumba. Bedanya, kalau di Sumba bukitnya dipenuhi tanaman ilalang, dan kalau di Yogya tanaman Jagung. Tempat ini lebih tepatnya berada di Kabupaten Gunungkidul. Tempatnya juga sangat bersih. Buat sahabat yang belum ke sini, yuk, diagendakan. Sebelum ada warung dan parkir," tulis Instagram @Indoflashlight, Jumat (11/1/2018).

Sebenarnya, Gunung Bagus bukanlah objek wisata, melainkan hanya perbukitan dengan tutupan lahan berupa hutan jati milik Dinas Kehutanan DIY. Jadi, dulu tak begitu tampak perbukitannya. Setahun lalu, hutan jati itu dipanen. Sembari menunggu proses penanaman kembali, masyarakat memanfaatkan lahan terbuka itu untuk bercocok tanam. Saat ini, lahan itu dibuat hijau oleh hamparan tanaman jagung setinggi dada orang dewasa.

Warnanya yang hijau berpadu dengan warna kebun jagung yang menghijau, membuat bukit-bukit karst di Gunungkidul ini menjadi Instagramable, lucu, dan fotogenik. Dilihat dari udara, area seluas 82 hektare ini terdiri dari beberapa bukit kecil. Cobalah datang saat pagi, hangatnya mentari dengan jalanan yang sepi bisa Anda nikmati. Terlihat indah sembari berkendara melewati jalan ini. Berwarna hijau, dipadu langit cerah berwarna biru, sungguh perpaduan yang sempurna.

Akses jalannya sudah beraspal. Namun, tidak ada transportasi umum yang mengarah ke Gunung Bagus. Jadi, disarankan untuk menggunakan kendaraan pribadi atau sewa. Arah tercepat menuju Gunung Bagus dari Kota Yogyakarta adalah melewati Jalan Wonosari, lalu belok ke arah pantai Baron. Bagaimana, apakah Anda penasaran bermain di bukit Teletubbies-nya Yogya?


Editor : Tuty Ocktaviany