Indahnya Alam Gunungkidul dari Pantai Kesirat, Tersembunyi di Yogya

Vien Dimyati ยท Rabu, 19 Desember 2018 - 05:07 WIB
Indahnya Alam Gunungkidul dari Pantai Kesirat, Tersembunyi di Yogya

Pesona Pantai Kesirat. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Namanya memang tak setenar pantai-pantai lain yang mainstream di Kota Yogyakarta. Namun, suguhan alamnya sungguh tak mengecewakan.

Pantai Kesirat merupakan destinasi wisata alam bahari yang dijuluki 'Surga yang Tersembunyi’. Pantai ini terletak di Desa Girikarto Gunungkidul.

"Jika sahabat berlibur atau sedang berada di Yogyakarta, mengunjungi Pantai Kesirat adalah pilihan yang sangat direkomedasikan apa lagi jika ingin camping. Mengapa? Tak lain karena keindahan alam dengan berbagai paduan menarik seperti sunset, pasir putih, dan geografis pantai ini yang tidak akan sahabat temukan di pantai-pantai lainnya. Tak heran pantai ini ramai dibicarakan netizen," tulis Instagram @Indoflashlight, Rabu (19/12/2018).

Pada umumnya, pantai identik dengan pasir dan Anda dapat bermain ombak. Di sini Anda akan mendapatkan sesuatu yang berbeda, yaitu tebing tinggi sekitar 15 hingga 30 meter menjadi pusat perhatian. Karena di tebing inilah semua keindahan itu bisa dinikmati. Dari memancing, camping, hingga foto prewedding.

Posisi Pantai Kesirat sangat tepat untuk melihat sekaligus menikmati keindahan matahari tenggelam. Biasanya, pengunjung berdatangan saat sore dan menunggu momen di mana sunset terlihat berwarna oranye. Apalagi dihias dengan berdirinya pohon yang letaknya strategis dan unik. Menambah kesan eksotis menjelang senja.

Tak perlu khawatir menentukan spot foto terbaik karena di sini banyak sekali spot-spot menaik. Tinggal bagaimana Anda mengatur pencahayaan dan pose. Tak jarang pantai ini dijadikan sebagai pilihan dalam foto-foto prewedding. Satu lagi, ciri khas Pantai Kesirat adalah berdirinya pohon tunggal bernama Gebongkoro, yang tumbuh satu-satunya di tempat ini. Di sinilah spot yang paling diminati pengunjung.

Di Pantai Kesirat memang tidak ada tempat menginap seperti hotel maupun villa. Namun, Anda bisa mendirikan tenda maupun kemah. Di pantai ini terdapat area cukup luas untuk camping.

Pantai Kesirat berada di Desa Girikarto, Kecamatan Panggang. Terdapat dua rute yang bisa dilalui, dari Jalan Wonosari (jalur menuju Gunungkidul) atau dari Jalan Omogiri–Panggang.

Jalur terdekat yaitu melalui jalan raya Omogiri menuju ke jalan raya Panggang hingga menemukan persimpangan jalan menuju Pantai Gesing. Dari sini lurus saja sampai menemukan masjid di kiri jalan, lalu cari papan petunjuk jalan bertuliskan pantai Kesirat. Tiket masuk Pantai Kesirat ini tergolong murah, Rp5.000 per orang, sedangkan biaya parkir motor Rp2.000, dan mobil Rp5.000.


Editor : Tuty Ocktaviany