Indahnya Savana Hiliwuku, Bukit Bergelombang Diselimuti Rumput Hijau di Sumba Timur

Vien Dimyati ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 12:57 WIB
Indahnya Savana Hiliwuku, Bukit Bergelombang Diselimuti Rumput Hijau di Sumba Timur

Savana Hiliwuku Sumba Timur (Foto : Instagram@ayodolan)

JAKARTA, iNews.id - Pulau Sumba memiliki panorama alam menakjubkan untuk dijelajahi. Tidak hanya memiliki pantai cantik yang masih alami. Ternyata, Sumba juga memiliki hamparan padang savana hijau nan eksotis.

Sepanjang mata memandang, Anda hanya melihat rerumputan hijau menyelimuti bukit bergelombang. Terutama jika singgah ke Sumba Timur, Anda akan melihat pemandangan bukit yang sudah tidak asing yakni Wairinding, Mauhau, dan bukit Tenau.

Namun, masih ada perbukitan lain yang memiliki pemandangan indah seperti bukit-bukit tersebut, salah satunya adalah bukit Hiliwuku.

Bukit Hiliwuku berada di Kabupaten Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT). Perbukitannya hijau dengan paduan langit biru menjadi momen paling dicari di sini.

Untuk mengunjungi Bukit Hiliwuku, disarankan datang pada Januari hingga Juli. Pada bulan ini, rerumputan di Bukit Hiliwuku terlihat eksotis.

 

"Memasuki Bulan yang pas buat main ke Sumba Timur gaez. Yup, karna sekitar bulan Januari hingga Juli pada setiap tahun, padang savana di sini lagi hijau-hijaunya yang membaluti lereng dan lembah bukit-bukit di bukit Hiliwuku ini. Jadi skuy agendakan!," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Kamis (13/2/2020).

Anda bisa berswafoto sambil mengenakan pakaian adat. Ini akan terlihat sangat Instagramable. Tidak hanya saat rumput berwarna hijau. Berada di sini saat musim kemarau juga tepat. Anda akan melihat hamparan perbukitan kecoklatan.

Untuk mendapatkan pemandangan savana coklat, Anda bisa datang pada September hingga November. Rumput perbukitan akan menguning dan kering.

Tidak hanya saat matahari terang. Ketika malam hari, Anda juga wajib untuk mendatangi tempat ini. Selain berkemah, Anda bisa berburu pemandangan malam dengan langit-langit dihiasi bintang.

Letak bukit ini tepatnya di Desa Hiliwuku, Kecamatan Psndawai, Kabupaten Sumba Timur. Jarak sekitar 35 Kilometer arah timur dari pusat Ibu Kota Kabupaten Sumba Timur yakni Kota Waingapu.

Jika dari Kota Waingapu, Anda hanya mengikuti jalur Trans Nasional Sumba menuju arah Timur atau ruas jalan Waingapu-Melolo.

Bukit Hiliwuku memiliki dua lokasi berbeda, yaitu Hiliwuku 1 dan Hiliwuku 2. Letak kedua bukit ini tidak berjauhan, hanya berjarak 500 meter. Bagaimana, tertarik menjelajahi Bukit Hiliwuku?


Editor : Vien Dimyati