Inspirasi Masak Opor Ayam Gurih Sedap untuk Lebaran

Siska Permata Sari ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 11:12 WIB
Inspirasi Masak Opor Ayam Gurih Sedap untuk Lebaran

Lezatnya opor ayam untuk Lebaran. (Foto: iNews.id/Siska Pertama Sari)

JAKARTA, iNews.id - Lebaran sebentar lagi tiba. Selain menjadi hari kemenangan bagi umat Muslim seluruh dunia, Idul Fitri juga menjadi momen berkumpul dan silaturahmi bersama keluarga serta kerabat dekat.

Saat Lebaran, ada makanan dan minuman khas yang selalu ada di hari spesial tersebut. Salah satunya adalah opor ayam yang menjadi menu utama di hari raya Idul Fitri.

Chef di restoran Rantang Ibu Prasetyo Budianto membagikan resep opor ayam atau lontong opor yang gurih dan sedap untuk disajikan saat Lebaran.

Yuk, simak langkah-langkahnya!

Siapkan Bahan-Bahan

Sebelum mulai memasak, siapkan dulu bahan-bahan untuk membuat opor ayam. Di antaranya potongan daging ayam, santan, bumbu-bumbu opor seperti bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai merah, jahe, kunyit, dan ketumbar. Selain itu, siapkan juga alat masaknya.

Goreng Ayam

Langkah pertama untuk membuat opor ayam supaya lebih gurih adalah menggoreng ayam dan bukan direbus. Ini agar ayam di dalam opor rasanya lebih gurih dan lezat. "Panaskan minyak, jangan lupa (daging ayam) disiram dengan garam," kata Chef Tyo. Tunggu sampai daging ayam mantang, lalu angkat.

Membuat Bumbu Opor

Langkah berikutnya adalah mencampurkan bumbu-bumbu opor untuk diblender supaya lebih mudah. Yaitu bawang putih, bawang merah, kemiri, cabai merah, jahe, kunyit, dan ketumbar yang dicampurkan dengan minyak, lalu di-blend.

Setelah bumbu sudah tercampur rata, oseng bumbunya dan tunggu sampai harum. Setelah tercium bau yang sedap, aduk, dan campurkan dengan air untuk kuah opor.

Tambahkan Santan Kental

Ketika bumbu opor sudah tercampur dengan air, tambahkan santan kental, dan aduk sampai merata. Setelah itu, barulah memasukkan bumbu tambahan lainnya seperti daun sereh, daun jeruk, dan daun salam.

"Jika bahan-bahan semuanya sudah masuk, kita tunggu mendidih lalu masukkan bumbu-bumbu lain seperti gula, garam, bubuk kayu manis, bubuk biji pala, dan kaldu ayam secukupnya,” katanya.

Plating

Opor ayam sudah jadi, saatnya dihidangkan bersama masakan-masakan khas Lebaran lainnya. Selain lontong, ada sambal goreng kentang, sayur labu, dan paru ayam sebagai pengganti rendang.

Selamat mencoba!


Editor : Tuty Ocktaviany