Intip Indahnya Sunrise Gunung Kendil di Temanggung, Pemandangannya Bikin Takjub

Vien Dimyati ยท Rabu, 03 Juli 2019 - 17:48 WIB
Intip Indahnya Sunrise Gunung Kendil di Temanggung, Pemandangannya Bikin Takjub

Indahnya sunrise Gunung Kendil di Temanggung. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi wisata di Temanggung yang dapat dieksplor wisatawan. Pegunungan, pantai, air terjun, hingga budayanya selalu membuat wisatawan betah berlama-lama.

Ada satu spot yang wajib dikunjungi ketika Anda memilih Temanggung sebagai tujuan destinasi. Spot tersebut adalah Gunung Kendil. Berada di puncak gunung, Anda akan takjub dengan pemandangan matahari yang baru muncul di antara gunung.

"Menikmati Sunrise di Wisata Gunung Kendil, Temanggung, Jawa Tengah. Tempat ini memiliki pesona keindahan yang sangat menarik untuk dikunjungi. Yuk tag dan ajak teman kamu ksini! Foto dolan dari @lilisnurrohman," tulis Instagram @Ayodolan, Rabu (3/7/2019).


Gunung Kendil merupakan salah satu wisata alam yang terletak di Kabupaten Temanggung, Provinsi Jawa Tengah. Letaknya berada di perbatasan Wonosobo dan Temanggung. Tepatnya di Desa Ngadirejo. Patokan ke sini yaitu pertigaan tugu Pasar Ngadirejo ambil arah kiri naik, kurang lebih 20 menit sampai lokasi menggunakan kendaraan. Gunung Kendil ini berada di samping Gunung Sindoro dan berdekatan dengan Gunung Buthak.

Selama perjalanan Anda bisa menikmati udara dingin pegunungan, menembus kabut yang tebal, dan segala keindahan yang ada. Mulai dari tanaman sayuran, bawang, sawah, kebun teh dan lain-lain akan memanjakan Anda menuju Gunung Kendil. Banyak spot foto menuju gunung ini. Jalan menuju lokasi pun sangat indah.

Bahkan, Anda dapat melihat jelas megahnya Gunung Sindoro, selain itu ada juga hutan pinus, dan monyet di pinggir jalan dan sekitar candi yang ada di sana.

Tempat ini belum dikelola sepenuhnya oleh Perhutani atau mana pun. Tetapi akses menuju tempat ini sangat mudah. Ada plang petunjuk arah dan rumah warga bisa jadi tempat untuk parkir. Untuk tiket masuk belum ada. Dari rumah warga Anda dapat berjalan kurang lebih 30 menit menuju puncak Gunung Kendil. Gunung yang memiliki ketinggian kurang lebih 1.100 mdpl ini memiliki trek yang tidak terlalu susah. Cocok untuk pemula.

Menuju gunung ini ada beberapa trek, di sebelah utara dan selatan. Kalau di sebelah utara melewati hutan, sedangkan kalau lewat jalur selatan tidak melewati hutan dan tidak ada pohon. Treknya juga menanjak. Jika melalui sebelah utara, akan banyak landainya. Disarankan untuk menggunakan trek yang sebelah utara. Naiknya tidak curam dan banyak pepohonan.

Setelah berada di atas puncak, Anda akan dibuat kagum dengan keindahannya. Apalagi sambil menunggu sunrise. Puncak Kendil menjadi spot terpopuler bagi pendaki.

Dari puncak Gunung Kendil ini tampak jelas pemandangan Gunung Sindoro. Untuk Gunung Sumbing tidak terlihat karena tertutup oleh Gunung Sindoro. Selain Gunung Sindoro, Anda dapat menikmati keindahan Gunung Slamet, Merbabu, Merapi, dan Andong.


Editor : Tuty Ocktaviany