Jadi Ibu Kota Pengganti Jakarta, Intip 5 Keindahan Alam di Kalimantan Timur

Vien Dimyati ยท Senin, 26 Agustus 2019 - 17:14 WIB
Jadi Ibu Kota Pengganti Jakarta, Intip 5 Keindahan Alam di Kalimantan Timur

Pulau Gusung jadi salah satu destinasi menarik di Kaltim. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Presiden Joko Widodo telah menetapkan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai ibu kota baru pengganti Jakarta. Ada dua wilayah di Kaltim yang dijadikan lokasi ibu kota, yakni Kabupaten Penajam, Paser Utara dan sebagian di Kabupaten Kutai Kartanegara.

"Tiga tahun terakhir, lokasi ibu kota baru pengganti Jakarta paling ideal adalah Kalimantan Timur di bagian Kabupaten Penajam Utara dan Kutai Kertanegara," kata Presiden Joko Widodo, dalam keterangan persnya saat mengumumkan pemindahan Ibu Kota di Istana Negara, Jakarta, Senin (26/8/2019).

Tak hanya akan dijadikan sebagai pusat kita, Kaltim juga memiliki keindahan alam yang memukau. Provinsi ini berbatasan langsung dengan Malaysia, Kalimantan Selatan, Kalimantan Tengah, dan Sulawesi dengan total luas wilayah sepanjang 245.238 km persegi.

Di sebelah timur Provinsi Kalimantan Timur, membentang langsung Selat Makassar yang memisahkan Pulau Kalimantan dan Pulau Sulawesi. Memiliki kekayaan flora dan fauna, terdapat sekitar 1.000-189.000 jenis tumbuhan dan hewan yang bisa ditemui di wilayah ini. Hutan yang ada di Pulau Kalimantan, termasuk wilayah Provinsi Kalimantan Timur, juga menjadi paru-paru dunia.

Lantas, destinasi wisata mana saja yang bisa dikunjungi ketika Anda travelling ke Kaltim? Berikut rangkuman iNews.id, Senin (26/8/2019).

Danau Jempang

Danau Jempang terletak di Kabupatan Kutai Barat. Objek Wisata ini merupakan danau terbesar di antara 76 danau lain yang terdapat di sepanjang tepian alur Sungai Mahakam. Kedalaman danau ini mencapai tujuh hingga delapan meter dengan beragam kekayaan flora dan fauna yang tumbuh di sekitar danau. Ini menjadi salah satu objek wisata kebangaan rakyat Kalimantan Timur berkat fenomena alamnya yang unik. Setiap lima tahun sekali, Danau Jempang akan mengering sampai tampak seperti gurun pasir.

Batu Dinding

Batu Dinding adalah gugusan batu kapur putih yang menjulang memagari Sungai Mahakam Ulu. Panjang dinding batu ini berkisar lebih dari 800 meter dengan ketinggian antara 100-200 meter. Dinding batu ini terlihat seperti tembok raksasa dan sering dijadikan sebagai spot Instagramable. Letak Batu Dinding ini ada di Kabupaten Kutai Kartanegara. Untuk menuju ke sana, wisatawan dapat berangkat dari Balikpapan menyusuri jalan raya menuju ke Samarinda.

Taman Rekreasi Lembah Hijau

Lokasi Taman Rekreasi Lembah Hijau ini ada di Samarinda, tepatnya bersebelahan dengan Kebun Raya Unmul Samarinda. Taman ini adalah objek wisata alam yang memiliki banyak atraksi. Taman ini juga memiliki arena camping ground di mana wisatawan dapat berkemah di sini lengkap dengan tempat penyewaan alat berkemah dan segala perlengkapannya.

Kawasan Wisata Bukit Bingkirai

Bukit Bingkirai ini mulai resmi beroperasi pada 1998 dan merupakan wisata hutan hujan tropis alami yang dikelola oleh PT. Inhutani I Unit Manajemen Hutan Tanaman Industri (UMHTI). Letaknya di dekat Kecamatan Samboja, Kabupaten Kutai Kartanegara atau sekitar 58 km dari kota Balikpapan. Kawasan ini memiliki luas sebesar 1.500 hektare. Wisatawan dapat menikmati sejuknya hutan hujan tropis yang rimbun dan segar dengan hamparan pemandangan serba hijau yang menyejukkan mata. Terdapat vegertasi anggrek hutan liar, buah-buahan tropis, dan pohon bangkirai dengan umur lebih dari 150 tahun dan tinggi 50 meter yang menjadi maskot Kalimantan Timur.

Pulau Gusung


Salah satu wisata alam yang ada di Penajam Paser Utara adalah Pulau Gusung. Berada di pulau ini Anda dapat melihat aneka terumbu karang yang eksotis. Apabila air laut turun, maka terlihat gugusan pasir muncul dan terdapat karang hidup yang langka. Berdasarkan penelitian, di sekitar gugusan pasir tersebut ditemukan 56 jenis karang dan 47 jenis ikan hias maupun konsumsi.


Editor : Tuty Ocktaviany