Keseruan Wisata di Blue River Purwakarta, Sungai Jernih Berwarna Hijau Kebiruan

Vien Dimyati ยท Rabu, 15 Januari 2020 - 08:57 WIB
Keseruan Wisata di Blue River Purwakarta, Sungai Jernih Berwarna Hijau Kebiruan

Wisata di Blue River of Purwakarta (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata Purwakarta memang belum terlalu populer seperti di Bandung. Tetapi, jika dijelajahi lebih dalam, Purwakarta memiliki objek wisata menakjubkan.

Salah satu objek wisata yang populer di kalangan wisatawan adalah Blue River of Purwakarta. Ini merupakan sungai jernih dan segar bernama Cidomas. Dijuluki nama blue river karena air sungai tersebut berwarna hijau kebiruan.

Arusnya cukup deras dengan bebatuan besar di sepanjang tepian sungai. Terletak di kaki Gunung Burangrang, perbatasan Purwakarta-Subang, membuat suasana di sungai ini terasa sejuk dan asri. Terdapat aliran air terjun kecil dengan tebing batu membentuk relief dari pahatan alam yang terlihat indah.

"Blue River itulah julukan wisata alam di Purwakarta ini. Kesejukan udara pegunungan, gemericik suara air, dan rimbunnya pepohonan nan hijau membawa ketenangan saat rekreasi di Sungai Cidomas. Inilah kawasan wisata alam Purwakarta yang kian hari banyak menarik kunjungan para pelancong. Terletak di kaki Gunung Burangrang, puluhan mata air mengalirkan air jernih juga bebatuan besar berada di pinggiran Sungai Cidomas," tulis Instagram @pesinapurwakarta18, dikutip Rabu (15/1/2020).

Blue River Purwakarta berada di Kampung Garokgek, Desa Parakan Garokgek, Kecamatan Kiarapedes, Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat.

Keunikan air Cidomas yang terlihat berwarna biru berasal pantulan dari sinar matahari, jernihnya air, dan kedalaman sungai.

Selain menikmati panorama alam yang indah berbalut udara sejuk, Anda juga bisa berenang menikmati kesegaran air yang berasal dari puluhan mata air.

Kedalamannya bervariasi, mulai dari sisi sungai setinggi 10 cm hingga tengah sungai yang mencapai 4 meter. Bagi yang tidak bisa berenang, Anda masih bisa merasakan segarnya air sungai dengan menyewa ban atau pelampung yang disediakan warga.

Rute menuju Sungai Cidomas cukup mudah. Jika Anda dari Wanayasa, ambil jalan menuju Kecamatan Kiarapedes, melewati ICG (Islamic Center Garokgek). Tepat di pertigaan sebelum perbatasan, belok ke kiri dan mengikuti jalan desa. Ada petunjuk arah untuk sampai ke Sungai Cidomas.

Bila dari arah Subang, setelah tugu perbatasan ada pertigaan belok ke kanan. Anda tinggal ikuti saja jalan desa. Bagaimana, tertarik menikmati air jernih berwarna hijau kebiruan di Purwakarta?


Editor : Vien Dimyati