Liburan Tahun Baru di Pantai Elyora, Baik untuk Anak & Ombaknya Tenang

Vien Dimyati ยท Jumat, 28 Desember 2018 - 08:30 WIB
Liburan Tahun Baru di Pantai Elyora, Baik untuk Anak & Ombaknya Tenang

Pesona Pantai Elyora. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai pulau dengan sejuta pesona bahari, Batam memiliki banyak tempat wisata yang tak perlu diragukan lagi keindahannya. Banyak pantai dan pulau-pulau kecil yang memiliki potensi luar biasa untuk dikembangkan. Salah satu potensi yang terlihat adalah Pantai Elyora. Pantai yang terletak di ujung Jembatan 6 Barelang, Kota Batam, Kepulauan Riau ini mulai banyak dikunjungi wisatawan.

Hamparan pasir putih mendominasi keindahan Pantai Elyora. Pantai yang baru dibuka pada Januari 2018 ini termasuk pantai ramah anak. Air lautnya cukup jernih dengan ombak tipis-tipis membuat pantai ini terlihat nyaman dalam keadaan pasang maupun surut. Struktur pasirnya yang lembut dan putih menjadikan Pantai Elyora sebagai salah satu pantai terbaik di Batam.

Bibir pantai tidak terlalu lebar, namun membentuk busungan pasir putih yang luas hingga ke laut. Di sebelah kanan pantai terdapat pohon-pohon besar yang dijadikan tempat berteduh sambil bermain air. Hadirnya pohon itu justru menjadi keunikan tersendiri karena kerap dijadikan objek foto oleh pengunjung.

"Akhir tahun ada rencana liburan ke Kota Batam? Nah, kalau mau nyari destinasi yang pas untuk keluarga, datang saja ke Pantai Elyora di ujung Jembatan 6 Barelang. Pantai ini dikenal sangat bersahabat dan ramah anak, karena hamparan pasir putihnya yang luas dan ombaknya juga tidak besar. Bahkan para orangtua tidak perlu melakukan pengawasan berlebih karena memang tempat berenang berada di lokasi yang terawasi. Di tengah pantai terdapat beberapa pohon bakau kering yang menarik untuk dijadikan spot foto. Ada juga beberapa ayunan di beberapa sudut pantai, anak-anak pastinya tak akan bosan bermain di sini. Di pantai ini fasilitas pun sudah memadai, jadi tak perlu khawatir lagi untuk kebutuhan dasar," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, Jumat (28/12/2018).

Momen terbaik berkunjung ke Pantai Elyora saat air laut sedang surut. Traveler akan menemukan lapangan pasir putih yang sangat luas. Di pantai ini juga sudah ada gazebonya, cocok untuk traveler yang ingin bersantai sembari menimati deburan ombak dan hembusan angin laut.

Lokasi Pantai Elyora cukup jauh dari pusat kota, karena terletak di pulau paling ujung dari kota Batam. Jembatan 6 sendiri merupakan jembatan terakhir penyambung pulau Batam, Rempang dan Galang. Tidak ada angkutan umum untuk sampai ke Pantai Elyora. Jadi, traveler harus membawa kendaraan sendiri atau menyewa. Aksesnya juga mudah, tinggal mengikuti jalan trans Barelang hingga menemukan petunjuk jalan bertulisan Pantai Elyora.

Biaya yang dikenakan cukup murah. Biaya masuk Rp10.000, sewa gazebo Rp50.000, biaya bilas atau mandi Rp5.000. Bagi traveler yang ingin berkunjung ke Pantai Elyora disarankan untuk membawa makanan sendiri dari rumah atau beli di jalan, karena di Pantai Elyora belum ada warung yang menjual makanan.


Editor : Tuty Ocktaviany