Mengintip Desa Tertinggi di Dieng, Keindahan Alamnya Mirip Lukisan

Vien Dimyati · Rabu, 06 Maret 2019 - 13:01 WIB
Mengintip Desa Tertinggi di Dieng, Keindahan Alamnya Mirip Lukisan

Keindahan Desa Sembungan (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Selain Candi Borobudur, destinasi lain yang menjadi favorit wisatawan di Jawa Tengah adalah Dataran Tinggi Dieng. Banyak objek wisata menarik di sini. Salah satunya Desa Sembungan.

Desa ini diklaim sebagai yang tertinggi di Pulau Jawa. Ketinggiannya mencapai 2.260 meter di atas permukaan laut, dengan suhu udara pada pagi hari mencapai 10˚C- 15˚C. Pada malam hari bisa lebih dingin lagi yaitu kisaran 3˚C- 9˚C.

Karena ketinggiannya itu, Desa Sembungan menjadi buruan wisatawan yang ingin menikmati keindahan, kesejukan dan keramahan warga lokal. Bahkan, keindahan desa ini mirip dengan lukisan. Wisatawan asing sudah mengagumi Sembungan sejak 1911. Kemungkinan, jauh sebelumnya desa ini sudah dikenal terlebih dahulu. Bukti ini dapat dilihat dari dokumentasi tertulis yang ada di beberapa negara Eropa, terutama di Belanda.

"Desa Wisata Sembungan merupakan ujung aspal atau desa paling ujung di dataran tinggi Dieng. Ketinggiannya mencapai 2.306 mdpl dan merupakan desa tertinggi di pulau Jawa. Terletak 7 km dari pusat wisata dataran tinggi Dieng, selain Bukit Sikunir, destinasi wisata yang ada di kawasan ini adalah Telaga Cebong, Gunung Pakuwojo dan Curug Sikarim. Tidak susah untuk mencapai desa ini. Akses jalan sudah bagus, pemandangan serta udaranya juga sejuk. Ditambah suasana desa yang tenteram karena di tengahnya terdapat danau," tulis Instagram @ragamnusantara.id, dikutip Rabu (6/3/2019).

Layaknya desa pada umumnya, sebagian besar warga Desa Sembungan menjalankan aktivitas bertani sebagai mata pencaharian. Kehidupan di desa ini terbilang cukup ramai, karena dekat dengan objek wisata seperti Bukit Sikunir, Candi Arjuna dan Telaga Cebong.

Selain menggantungkan hidup di sektor pertanian, warga desa juga memanfaatkan sektor pariwisata. Beberapa rumah warga ada yang dijadikan homestay atau tempat tinggal sementara. Selain itu, ada juga bumi perkemahan di sekitar Danau Sikunir.

Dari Desa Sembungan, Anda bisa melihat indahnya pemandangan mulai dari bukit, telaga, hingga pegunungan yang mengelilingi desa. Beberapa pemandangan gunung yang bisa dilihat seperti Gunung Prau, Merbabu, Merapi, Sindoro, Telomoyo, Ungaran, dan Lawu.

Desa Sembungan menjadi bagian Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo, sekitar 7 kilometer ke arah selatan dari pusat wisata Dataran Tinggi Dieng. Akses menuju desa ini cukup baik, jalan yang dilalui beraspal dan dapat dilewati motor, mobil, dan bus kecil.

Perjalanan dari Yogyakarta menuju Dieng membutuhkan waktu sekitar tiga jam, melalui rute Yogya – Magelang – Wonosobo – Dieng. Di sepanjang perjalanan, Anda akan disuguhkan berbagai pemandangan yang indah dan menyejukan mata.


Editor : Vien Dimyati