Mengintip Keindahan Lembah Harau yang Mirip dengan Yosemite California

Vien Dimyati ยท Jumat, 01 Februari 2019 - 15:39 WIB
Mengintip Keindahan Lembah Harau yang Mirip dengan Yosemite California

Keindahan Lembah Harau (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Sumatera Barat, belum lengkap rasanya tanpa mengunjungi Payakumbuh objek wisata yang satu ini, yaitu Lembah Harau. Bahkan, karena keindahannya, Lembah Harau dikatakan mirip dengan Lembah Yosemite ala Indonesia yang ada di Taman Nasional Yosemite, Sierra Nevada California.

Lembah Harau berada di Kecamatan Harau, Kabupaten Lima Puluh Kota, Sumatera Barat. Tepatnya berada sekitar 138 km dari Padang, sekitar 47 km dari Bukittinggi, dan 18 km dari Payakumbuh.

Berada di Lembah Harau, traveler dapat menikmati keindahan alam pegunungan yang dihiasi tujuh air terjun dengan ketinggian 50 - 100 meter. Tak kalah indah dengan Ngarai Sianok, Lembah Harau dikelilingi bebatuan granit raksasa yang terlihat eksotis dengan ketinggian 300 meter.

"Lembah Harau, lembah datar yang diapit dua bukit cadas yang terjal, berkelok dengan ketinggian mencapai 80 sampai 300 meter. Bukit tersebut tersusun secara alamiah oleh granit dan batu pasir yang terjal serta berwarna-warni. Air terjun yang jernih dan menyegarkan mengalir di antara cadasnya tebing Lembah Harau," tulis Instagram @Pesonaid_Travel dikutip Jumat (1/2/2019).

Lembah Harau merupakan cagar alam seluas 669 hektare. Lembah ini semakin menarik karena terdapat tujuh air terjun yang memiliki daya pikat tersendiri. Beberapa air terjun yang dapat dikunjungi antara lain seperti Akar Berayun, Sarasa Bunta, Sarasa Murai, dan Sarasa Luluih.

Air terjun Sarasa Luluih memiliki pemandangan indah. Airnya mengalir melewati dinding batu dan langsung jatuh ke kolam alami di bawahnya. Bagi pengunjung yang ingin cepat mendapatkan jodoh, berendamlah di Air Terjun Sarasa Murai.

Untuk menuju ke Lembah Harau, dapat dicapai dari terminal Aur Kuning, Bukittinggi. Menuju Kabupaten Lima Puluh Kota yang berjarak 45 kilometer dari Bukittinggi. Dengan menggunakan bus jurusan Payakumbuh yang berjarak 15 km dari Lembah Harau, bisa dilanjutkan dengan bus jurusan Sari Lama. Lama perjalanan dari Payakumbuh bisa ditempuh dalam waktu setengah jam.

Lokasi wisata Lembah Harau dibagi menjadi dua tempat yang bisa dipilih, yaitu Sarasah Bunta dan Akar Berayun. Jika memilih yang lebih alami, Anda bisa melalui Sarasah Bunta yang memiliki lima buah air terjun dengan pemandangan yang masih asli.

Jika ingin mendapatkan fasilitas yang lebih lengkap, Akar Berayun menjadi pilihannya. Di sini, selain memiliki air terjun, Akar Berayun juga telah dibangun kolam renangnya serta cottage dan resort.


Editor : Vien Dimyati