Mengintip Keindahan Raja Ampat di Pulau Misool, Ada Laguna Balbulol

Vien Dimyati ยท Jumat, 01 Februari 2019 - 13:13 WIB
Mengintip Keindahan Raja Ampat di Pulau Misool, Ada Laguna Balbulol

Raja Ampat jadi primadona wisata Indonesia bagian Timur. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Raja Ampat merupakan primadona wisata Indonesia bagian Timur. 'Surga kecil' ini masuk dalam administrasi Provinsi Papua Barat. 

Banyak destinasi-destinasi indah di sini. Salah satunya, Pulau Misool yang berada di bagian selatan kepulauan Raja Ampat. Pulau seluas 2.034 kilometer persegi ini merupakan salah satu dari empat pulau besar di Raja Ampat.

Ada panorama luar biasa yang dapat traveler temukan di pulau yang berbatasan dengan Laut Seram ini. Nama tempatnya, Laguna Balbulol. 

Di sini traveler akan disuguhi pemandangan spektakuler berupa deretan tebing karst mengelilingi sebuah pinnacle yang mencuat ke permukaan. Saat air laut surut, pinnacle itu seakan melayang di udara. Hal itu disebabkan karena bagian bawahnya terkikis air selama jutaan tahun.

"Balbulol Lagoon ini memiliki bentuk batuan karang yang kerucut berukuran sangat besar, tinggi batuan ini mencapai puluhan meter. Balbulol benar-benar menyajikan pemandangan yang megah. Yang paling menyenangkan dari Balbulol adalah dangkalnya area di sekitar batu-batu kerucut ini. Dengan pasir putih di dasarnya, akan membuat kamu terdiam melihat pemandangan yang ada. Kamu juga akan dibuat kagum berkali-kali. Saat matahari bersinar cerah, semua koral akan terlihat jelas. Pasir putih pun mewarnai laut menjadi turquoise, this is paradise!" tulis Instagram @ayodolan, Jumat (1/2/2019).

Karst-karst besar berdiri kokoh di tengah laguna yang berwarna hijau toska. Highlight-nya adalah dua batu karst yang menjulang mirip piramid. Di sekeliling Laguna Balbulol juga ditumbuhi tanaman hijau. Perpaduan warna hijau toska dan putihnya pasir di dasar laguna menjadi pemandangan yang luar biasa.

Balbulol benar-benar menyajikan pemandangan yang megah, seakan-akan, batu-batu kerucut itu diletakkan dengan sengaja. Warna air di Balbulol begitu menggoda untuk diselami. Sesekali suara burung terdengar di sini. Di Laguna Balbulol, traveler bisa melakukan aktivitas snorkeling. Karena termasuk perairan dangkal, disarankan memakai fin.

Untuk menuju ke Pulau Misool, traveler ambil penerbangan menuju Sorong. Dari Sorong dilanjutkan dengan speed boat selama empat hingga lima jam perjalanan. Ada juga alternatif rute perjalanan lain yang bisa dicoba sembari berburu foto. Melalui jalur laut Pulau Seram, Maluku Tengah, traveler dapat menghemat waktu dibandingkan melalui Sorong.


Editor : Tuty Ocktaviany