Mengintip Pantai Hitam Eksotis yang Tersembunyi di Ternate, Airnya Sebening Kaca

Vien Dimyati ยท Selasa, 11 Juni 2019 - 19:14 WIB
Mengintip Pantai Hitam Eksotis yang Tersembunyi di Ternate, Airnya Sebening Kaca

Pesona Pantai Sulamadaha yang indah. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id – Berbeda dengan pantai pada umumnya, pasir di pantai ini berwarna hitam. Indah dan eksotis dengan pemandangan pegunungan dan pulau-pulau di sekelilingnya. Anda bisa menikmati perjalanan melintasi pulau menggunakan kapal-kapal bermesin milik warga.

Tebing tinggi dan pepohonan rindang yang mengelilingi pantai memberi kesan privat pada pantai yang terletak di Ternate, Maluku Utara. Airnya sebening kaca. Anda akan merasakan kedamaian saat berada di sini. Pantai ini memberikan ketenangan bak di hutan belantara. Dijamin, Anda akan betah berlama-lama.

"Pantai Sulamadaha ini memang jauh dari keramaian. Meskipun mudah dijangkau dari kota Ternate, kita masih harus berjalan kaki sekitar 10-15 menit untuk mencapai pantai ini. Hamparan pasir dan beningnya air laut bergradasi hijau kebiruan, siap menyambut kita di Pantai Sulamadaha. Puas bermain air, jangan lupa cicipi kuliner khas dari Ternate. Ada apa saja ya?" tulis Instagram @pesonaid_travel, Selasa (11/6/2019).

Destinasi wisata unggulan di Ternate ini memiliki pesona yang luar biasa. Suasana alamnya masih terlihat asli. Hamparan pasir, deburan ombak, dan laut birunya mampu menghipnotis setiap pengunjung yang datang.

Tak jauh dari Pantai Sulamadaha, terdapat Teluk Saomadaha. Teluk ini bentuk seperti huruf U. Ukurannya yang tak terlalu luas justru memberi kesan private. Di sekelilingnya terdapat tebing tinggi yang ditumbuhi pepohonan rindang. Karena airnya sangat bening, Anda tidak perlu berenang atau menyelam untuk melihat keindahan bawah lautnya. Batuan coral beserta biota laut yang hidup di dalamnya terlihat jelas dari permukaan.

Meski bisa lihat pemandangan dasar laut dari atas. Memang sayang jika tidak berenang di teluk ini. Cobalah menggapai hingga 20 meter ke tengah laut, di sana terdapat gugusan terumbu karang yang luas. Bagi yang hobi menyelam, biaya sewa alat snorkeling di sini tak begitu mahal, tidak sampai Rp50.000. Anda bisa melihat beragam jenis ikan yang hidup di terumbu karang. Jika beruntung, Anda juga bisa melihat penyu berenang bebas di lautan.

Namun bagi yang tidak suka berenang, bersantai dan menikmati keindahannya juga tak kalah mengasyikkan. Hembusan angin dan sejuknya suasana pepohonan hijau menambah kedamaian saat berada pantai ini. Jika ingin merasakan segarnya air di sini, Anda bisa menyewa pelampung.

Pantai Sulamadaha juga berhadapan dengan Pulau Hiri. Pada zaman dulu, pulau ini menjadi tempat pengasingan Sultan Muhamad Djabir. Pulau Hiri merupakan bukit yang ditumbuhi pohonan hijau. Kehadiran pulau ini menjadikan Pantai Sulamadaha semakin sejuk.

Terletak di Desa Sulamadaha, pantai ini berjarak sekitar 14 km dari pusat Kota Ternate. Waktu tempuhnya sekitar 30 menit dengan menggunakan kendaraan bermotor.


Editor : Tuty Ocktaviany