Menjelajahi Keindahan Gua Gong di Pacitan, Bebatuannya Unik & Berwarna-warni

Vien Dimyati ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 12:09 WIB
Menjelajahi Keindahan Gua Gong di Pacitan, Bebatuannya Unik & Berwarna-warni

Gua Gong di Pacitan jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak pesona alam di Pacitan, Jawa Timur yang bisa memikat wisatawan. Tak hanya pantai yang eksotis. Ternyata, Pacitan juga menyimpan keindahan alam yang tersembunyi di dalam tanah.

Ya, Pacitan memang terkenal dengan julukan kota 1.001 gua. Berada di Pacitan, jangan sampai Anda melewatkan keindahan gua yang terkenal indah di Asia Tenggara ini, yaitu Gua Gong. Ini merupakan gua kapur dihiasi stalaktit dan stalakmit. Bahkan, Gua Gong pernah dinobatkan menjadi gua terindah se-Asia tenggara.

Ya, Pacitan memang terkenal dengan julukan kota 1.001 gua. Berada di Pacitan, jangan sampai Anda melewatkan keindahan gua yang terkenal indah di Asia Tenggara ini, yaitu Gua Gong. Ini merupakan gua kapur dihiasi stalaktit dan stalakmit. Bahkan, Gua Gong pernah dinobatkan menjadi gua terindah se-Asia Tenggara.

"Di tengah kawasan yang terkenal kering dan tandus dikelilingi dengan pegunungan kapur, perut 'Kota Berjuta Gua' ini memiliki pesona alam yang memikat. Gua Gong salah satu pemikatnya. Gua Gong merupakan salah satu yang paling indah di Asia Tenggara. Di dalam Gua Gong, selain stalaktit dan stalakmit yang memesona, saat menyusuri dalam gua akan menemukan tujuh ruangan dan empat sendang, yaitu kolam pemandian atau sungai mata air yang tersembunyi. Sementara keindahan alami gua dapat dinikmati dengan menyusuri jalan setapak, berpagar besi sepanjang kurang lebih 300 hingga 500 meter. Lampu sorot warna-warni yang dipasang memberikan efek khusus pada stalaktit dan stalakmit yang berwarna dasar kuning gading atau coklat kekuningan. Itu membuat keindahan dalam gua kian elok. Bagaimana Sobat, tertarik menyusuri indahnya perut bumi Pacitan? Siap-siap terpukau, ya!," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Senin (28/10/2019).

Keindahan Gua Gong ini tak tertandingi dengan gua lain di Pulau Jawa. Memasuki Gua Gong, traveler akan takjub melihat formasi stalaktit dan stalakmit yang unik. Bahkan, penerangan lampu ini akan memandu Anda ketika memasuki gua sepanjang 256 meter ini.

Menariknya, di dalam gua ini Anda akan menemukan kubah raksasa. Kubah raksasa ini memiliki panjang 100 meter dengan lebar 15-40 meter, tinggi antara 20-30 meter.

Bebatuan batu kapurnya bahkan di beri nama-nama unik, seperti Selo Jengger Bumi, Selo Pakuan Bomo, Selo Bantaran Angin, Selo Citro Cipto Agung, Selo Adi Cotro Buwono, dan lainnya.

Jika tertarik menjelajahi gua ini, traveler butuh waktu dua jam. Di sini Anda dapat melihat berbagai ruangan seperti Ruang Sendang Bidadari, Ruang Bidadari, Ruang Kristal dan Marmer, Ruang Pertapaan dan Ruang Batu Gong.

Di sini juga terdapat mata air yang konon katanya dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Jika Anda penasaran dengan keindahan lain Gua Gong, sebaiknya berkunjung langsung ke Pacitan. Tertarik menjelajahi Gua Gong di Pacitan?


Editor : Tuty Ocktaviany