5 Keindahan Pantai Nglambor Yogyakarta, Ada Bukit Kura-Kura hingga Tradisi Kuno

Vien Dimyati ยท Selasa, 31 Maret 2020 - 14:28 WIB
5 Keindahan Pantai Nglambor Yogyakarta, Ada Bukit Kura-Kura hingga Tradisi Kuno

Keindahan Pantai Nglambor (Foto : Instagram @explorealamjogja)

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan Pantai Nglambor sudah tidak diragukan lagi. Jika memilih Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai tujuan destinasi. Tidak ada salahnya singgah ke Gunungkidul.

Pantai Nglambor memang tersembunyi di Gunungkidul. Berbeda dengan pantai lain, Nglambor lebih mirip dengan laguna kecil yang memiliki taman laut eksotis.

Tidak hanya memiliki taman laut yang eksotis. Pantai Nglambor juga memiliki banyak spot eksotis yang wajib dijelajahi.

Ingin tahu apa saja spot eksotis di Pantai Nglambor? Berikut ulasannya dirangkum pada Selasa (31/3/2020).

Pulau Karang

Pantai Nglambor memiliki dua bukit batu karang yang eksotis dan indah. Dua bukit batu karang di depan pantai ini berfungsi sebagai pemecah ombak yang berasal dari pantai selatan Pulau Jawa. Ombak pantai selatan memang terkenal ganas.

Berkat adanya bukit batu karang ini, wisatawan bisa menjadi lebih aman ketika melakukan snorkeling atau hanya ingin berenang di pantai ini. Bukit ini juga menjadi spot Instagramable karena berbentuk kura-kura raksasa dan dijuluki penjaga. Nama pulau karang ini adalah Watu Kalong dan Watu Kuntul.

Tradisi Ngalangi

Tidak hanya menawarkan keindahan pantai. Jika beruntung, wisatawan yang datang ke sini juga dapat melihat kegiatan upacara yang disakralkan oleh penduduk setempat. Pantai Nglambor kerap mengadakan tradisi kuno bernama ngalangi, yang artinya menghalangi dalam bahasa Jawa.

Upacara ini merupakan kegiatan sedekah laut yang bertujuan untuk menghalangi penangkapan ikan secara liar. Penangkapan ikan di kawasan Pantai Nglambor hanya dilakukan setahun sekali dengan menggunakan gawar atau jaring yang terbuat dari akar pohon wawar yang dipancang dan dihalau ke laut.

Susur Pantai

Berada di sini, Anda harus mencoba untuk berjalan ke arah timur. Di sana Anda akan bertemu Pantai Siung dan Pantai Watu Lumbung. Pemandangannya tidak kalah mengesankannya. Jika, Anda teruskan perjalan ke timur lagi, Anda akan sampai di Pantai Wedi Ombo.

Kalau berjalan ke arah barat, objek wisata yang akan dituju adalah Pantai Jogan, Pantai Ngetun, Pantai Timang, dan lain sebagainya.

Snorkeling

Ada satu kegiatan wisata di Pantai Nglambor yang tak boleh dilewatkan, yaitu snorkeling. Untuk urusan keindahan bawah laut, Pantai Nglambor terkenal indah. Hanya dengan membayar Rp50.000 - Rp75.000, wisatawan bisa mendapatkan fasilitas snorkeling seperti pelampung, sepatu, kacamata renang.

Bersama guide, Anda akan Diarahkan menuju ke beberapa titik spot penyelaman oleh para pemandu. Menariknya lagi, pemandu ini yang akan mengambil gambar Anda di dalam air menggunakan kamera bawah air. Anda bisa berswafoto dengan ikan-ikan dan juga terumbu karang.

Ada di Antara Pantai Jogan dan Siung

Pantai Nglambor berada persis di sebelah barat dari Pantai Siung dan sebelah timur dari Pantai Jogan. Jaraknya kurang lebih 74 km dari pusat Kota Yogya.

Pantai Nglambor berada di Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Jarak pantai ini sekitar 70 kilometer dari Kota Yogyakarta.

Jika dari Yogyakarta Anda dapat mengambil rute Yogyakarta - Piyungan - Wonosari - ke selatan (arah Pantai Baron) sekitar 9 km. Kemudian, ada pertigaan di Desa Mulo (50 meter setelah kolam renang), ambil ke kiri Jurusan Mentel - Bintaos - Tepus. Nanti akan bertemu pertigaan Winangun/Nangun, belok kanan lurus. Ada pertigaan, belok kanan menuju Pantai Nglambor.


Editor : Vien Dimyati