Pariwisata Indonesia Masuk Top 4 Dunia Setelah Italia

Vien Dimyati ยท Rabu, 28 November 2018 - 13:25 WIB
Pariwisata Indonesia Masuk Top 4 Dunia Setelah Italia

Pariwisata Indonesia masuk top 4 dunia (Foto: Ist)

JAKARTA, iNews.id - Pariwisata Indoensia terutama Bali berhasil menduduki peringkat keempat sebagai destinasi terbaik dunia versi Tripadvisor. Menariknya, Bali berhasil mengungguli Amerika Serikat (AS) dan Yunani.

Demikian dikatakan oleh Destination Manager North Asia TripAdvisor, Gary Cheng dalam Seminar Indonesia Tourism Outlook (ITO) 2019 bertajuk ‘Deregulation in Cyber Tourism Era’ yang berlangsung di Hotel Borobudur Jakarta, Selasa 27 November 2018.

"Wisatawan melakukan perjalanan berdasarkan search juga menunjukkan misalnya untuk wisatawan Eropa lebih banyak memilih Thailand kemudian Indonesia, wisatawan Amerika memilih Jepang, China, dan Indonesia, wisatawan Timur Tengah memilih Thailand, Filipina, dan Indonesia. Sementara wisatawan Asia memilih Jepang dan Indonesia," kata Gery.

Menurut Gary Cheng, Indonesia masuk peringkat keempat di antara 25 destinasi top dunia 2018, bahkan nomor satu top destinasi di Asia versi TripAdvisor. "Di Asia, Indonesia menjadi salah satu destinasi wisata favorit dunia untuk dikunjungi, apalagi Indonesia merupakan the best partner terlebih dengan dukungan dari pemerintah khususnya Menteri Pariwisata Arief Yahya yang fokus untuk memajukan Indonesia dari sisi pariwisata," katanya.

Menurutnya, berdasarkan hasil wisatawan yang kerap melakukan kunjungan serta melihat betapa indahnya destinasi yang dimiliki Indonesia. Wisatawan melihat tak hanya dari sisi wisata melainkan dilihat dari sisi kuliner dan penginapan.

Berdasarkan data dari Tripadvisor, sebanyak 74 persen masyarakat menggunakan online untuk mencari tempat yang diinginkan. Pertumbuhan outbound travel di mana Asia mengalami peningkatan mencapai 20 persen, lalu middle east 15 persen, Afrika 14 persen, Eropa 13 persen.

Sedangkan untuk wisatawan ke Indonesia memiliki tipe traveler yang berbeda-beda di mana 7 persen bisnis, 37 persen pasangan, keluarga 25 persen, teman 22 persen, solo 9 persen. "Di zaman sekarang traveler mencari hal autentik, keaslian dari masyarakat lokal baik itu budaya maupun seninya karena ini yang mereka cari. Bali sangat populer di mata wisatawan dan itu ada 80 persen dan mereka konsen ke Bali, kedua Yogyakarta, lalu ada lagi Lombok," katanya.

Adapun 25 destinasi tersebut sesuai urutannya adalah Paris Prancis, London Inggris, Roma Italia, Bali Indonesia, Crete Yunani, Barcelona Spanyol, Praha Republik Ceko, Marrakech Maroko, Istanbul Turki, New York Amerika Serikat, Phuket Thailand, Hanoi Vietnam, Siem Reap Kamboja, Jamaika, Playa del Carmen Meksiko, Lisbon Portugal, Dubai Uni Emirat Arab, Tokyo Jepang, Kathmandu Nepal, Hong Kong China, Hurghada Egypt, New Delhi India, Cusco Peru, Rio de Janeiro Brasil dan Sydney Australia.


Editor : Vien Dimyati