Petualangan di Pantai Watu Lepek, Batuannya Unik Tersembunyi di Balik Bukit

Vien Dimyati ยท Senin, 02 September 2019 - 13:55 WIB
Petualangan di Pantai Watu Lepek, Batuannya Unik Tersembunyi di Balik Bukit

Pantai Watu Lepek jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Jika traveler sedang berada di Malang dan hendak jalan-jalan ke pantai, bisa menuju ke wilayah bagian selatan. Wilayah ini berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Deretan pantai membentang indah di kawasan ini. Salah satunya, Pantai Watu Lepek.

Nama pantai ini mungkin masih sangat asing bagi traveler. Bahkan, warga Malang sekalipun. Pantai ini memang bukan pantai unggulan karena lokasinya agak sulit dijangkau. Berada di balik bukit, sehingga butuh sedikit perjuangan untuk sampai ke pantai ini.

Untuk mencapai Pantai Watu Lepek, traveler harus masuk dulu ke Pantai Batu Bengkung. Parkir kendaraan di sini, lalu melanjutkan ke timur. Butuh sedikit berpetualang dengan mendaki perbukitan kecil di timur Pantai Batu Bengkung. Saat berjalan ke pantai ini, traveler harus hati-hati karena akan menjumpai karang-karang tajam di sepanjang jalur trekking.

"Ingin dolan ke Pantai Watu Lepek? Langsung saja ke Malang! Meskipun sedikit tersembunyi, sebenarnya tak sulit menuju Pantai Watu Lepek. Ayo dolan ke sini. Dengan view yang tenang dan masih sangat alami, pantai ini sangat cocok untuk melepaskan segala beban kehidupan untuk sementara," tulis Instagram @Ayodolan, dikutip Senin (2/9/2019).

Asal penamaan Watu Lepek sendiri berasal dari adanya batu karang yang menjorok ke laut. Batu karang itu memiliki panjang sekitar 20 meter dan lebar sekitar enam meter. Masyarakat di sana melihat bentuk batu ini mirip lepek, yaitu piring kecil yang biasanya digunakan untuk minum kopi. Dari situlah kemudian pantai ini dinamakan Pantai Watu Lepek.

Tak jauh beda dengan pantai-pantai lain di Malang. Pantai Watu Lepek memiliki banyak batu karang di sekitarnya. Traveler bisa naik ke salah satu karang yang berada di sisi sebelah kiri untuk menyaksikan pemandangan pantai dari ketinggian. Indah dan eksotis. Pantai ini berpasir putih, dengan ombak yang sedang cenderung tinggi. Areanya yang relatif kecil, membuat pantai ini serasa milik pribadi.

Pantai Watu Lepek terletak di Desa Gajahrejo, Kecamatan Gedangan. Jaraknya sekitar 80 km dari Kota Malang. Karena lokasinya satu area dengan Pantai Batu Bengkung, jadi tak begitu sulit mencari pantai ini. Traveler cukup membayar tiket sebesar Rp10.000 per orang dan sudah termasuk parkir.

Karena lokasinya yang tidak mudah diakses, maka pantai ini tak sering dikunjungi wisatawan. Biasanya yang datang ke pantai ini adalah mereka yang benar-benar menyukai petualangan. Tak jarang, mereka menjadikan pantai ini sebagai lokasi untuk camping ceria. Deburan ombak, birunya langit, serta suara desir pasir di sepanjang pantai akan membuat traveler betah berlama-lama di sini.


Editor : Tuty Ocktaviany