Resep Membuat Es Pisang Hijau yang Lembut dan Segar

Vien Dimyati ยท Kamis, 20 Desember 2018 - 20:51 WIB
Resep Membuat Es Pisang Hijau yang Lembut dan Segar

Nikmatnya es pisang hijau. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sajian lezat yang satu ini dinamakan es pisang ijo. Santapan segar Khas dari Makassar. Dinamakan pisang hijau karena terbuat dari bahan utama pisang yang dibalut dengan adonan tepung berwarna hijau.

Adonan tersebut dibuat dari tepung, air, dan pewarna hijau alami dari campuran daun pandan dan daun suji. Es ini cocok disajikan kapan saja, baik untuk acara arisan atau kumpul bersama keluarga. Paling enak menyantap es pisang hijau adalah menambahkan sirup berwarna merah dan bubur sumsum. Rasanya semakin menggugah selera.

Penasaran ingin membuat es pisang hijau? Berikut resep lengkap dan cara pembuatannya seperti dikutip melalui Instagram @novaneperdana, Kamis (20/12/2018).

Bahan Pisang:

Pisang raja matang 5 buah
Santan kekentalan sedang 500 ml
Tepung beras 150 gr
Garam 1/2 sdt
Sari daun pandan 2 sdm
Daun pandan 1 lembar simpulkan
Daun pisang secukupnya

Bahan Kuah Santan:

Santan encer 750 ml
Garam 1/2 sdt
Daun pandan 1 lembar simpulkan

Pelengkap:

Sirup rasa coco pandan 15 sdm
Kental manis putih 15 sdm
Es batu secukupnya

Cara Membuat:

1. Untuk pisangnya, campurkan santan, tepung beras, garam, dan sari daun pandan. Aduk hingga rata dan tidak ada tepung yang bergerindil.

2. Masak di api sedang sambil diaduk hingga meletup dan mengental. Angkat, letakkan sedikit adonan di daun pisang, beri pisang, lalu beri lagi adonan hingga menutupi pisang dan dibungkus. Lakukan hingga adonan habis.

3. Kukus selama kurang lebih 20 menit. Angkat, sisihkan daunnya lalu potong-potong, satu buah pisang potong menjadi delapan bagian. Sisihkan.

4. Untuk kuah santan, campurkan semua bahan menjadi satu. Masak di api sedang sambil diaduk-adik terus agar santannya tidak pecah hingga matang. Angkat dan sisihkan.

5. Tata di wadah, pisang diberi kuah santan, sirup, kental manis, dan es batu. Sajikan. Jadinya lima porsi.


Editor : Tuty Ocktaviany