Selfie di Kapal Titanic Jurang Tembelan, Spot Instagenik di Bantul

Vien Dimyati ยท Selasa, 09 April 2019 - 06:41 WIB
Selfie di Kapal Titanic Jurang Tembelan, Spot Instagenik di Bantul

Asyiknya selfie di kapal Titanic Jurang Tembelan. (Foto: Instagram)

JAKARTA,  iNews.id - Anda ingin foto selfie ala Titanic dengan latar belakang perbukitan hijau dengan balutan kabut tipis yang menyelimuti? Spot spektakuler ini dapat Anda temukan di Jurang Tembelan. Destinasi wisata ini menjadi incaran wisatawan yang ingin berburu foto mengagumkan dengan dek perahu bambu di bibir jurang dan lautan awan di bawahnya.

Menginjakkan kaki di sini, Anda akan seperti berada di atas awan. Anda bisa berfoto ria atau sekadar menikmati pemandangan alam yang menenangkan. Pasalnya, Jurang Tembelan memiliki gardu pandang yang instagenik. Berlatar liukan Sungai Elo dari kejauhan menjadi spot selfie yang menakjubkan. Berada di Desa Mangunan, Kecamatan Dlingo, Kabupaten Bantul, tempat ini menawarkan panorama yang spektakuler.

"Jurang Tembelan berada di Dukuh Kanigoro, Mangunan, Bantul, Yogyakarta. Ayo dolan ke sini, menikmati secangkir kopi hangat sambil menunggu sunrise. Waktu terbaik untuk mendapatkan sunrise di Jurang Tembelan tentu saja saat musim kemarau. Yuk, tag dan ajak teman kamu ke sini!" tulis Instagram @ayodolan, dikutip Selasa (9/4/2019).

Salah satu daya tarik yang dinanti banyak orang adalah kombinasi antara spot foto berbentuk perahu dengan sungai kabut. Dengan angle yang pas, Anda bisa mendapatkan hasil foto seolah sedang berlayar menggunakan perahu mengarungi lautan awan.

Jika ingin sukses mengabadikan momen di atas perahu awan, Anda harus berangkat pagi hari. Saat musim hujan antara Februari hingga Mei, langit biasanya sudah mulai terang sekitar pukul 05.15 WIB. Oleh karena itu, usahakan untuk sampai Jurang Tembelan sekitar pukul 05.15-05.30 WIB.

Datanglah saat weekday. Jika datang ketika hari libur atau akhir pekan, Anda harus antre foto di spot perahu. Anda juga harus jeli dalam memerhatikan kondisi cuaca. Kabut pagi di Jurang Tembelan biasanya akan terlihat menarik jika sebelumnya hujan sudah reda.

Ada dua gardu pandang dan satu gazebo di Jurang Tembelan. Selebihnya, terdapat beberapa pepohonan. Saat naik ke gardu pandang, Anda akan disuguhi dengan hamparan awan yang menyelimuti pandangan. Spot ini memang menjadi lokasi sunrise yang populer.

Sebelum difungsikan menjadi tempat wisata, Jurang Tembelan merupakan ladang milik penduduk Dlingo. Mengetahui potensi keindahan yang dimiliki serta lokasi di Mangunan yang kini ramai wisatawan, warga setempat kemudian menyulap tempat ini. Tempat ini juga sudah dilengkapi berbagai fasilitas penunjang seperti parkiran luas, warung makanan, minuman, toilet serta tempat salat.

Jarak Jurang Tembelan dari pusat Kota Yogyakarta sekitar 54 km. Anda juga bisa mengunjungi berbagai spot menarik di daerah Mangunan, seperti Hutan Pinus, Kebun Buah Mangunan, Bukit Panguk Kediwung, dan Bukit Mojo.


Editor : Tuty Ocktaviany