Sudut Terindah Melihat Gugusan Bukit Karst Raja Ampat dari Pianemo

Vien Dimyati ยท Sabtu, 02 Maret 2019 - 12:17 WIB
Sudut Terindah Melihat Gugusan Bukit Karst Raja Ampat dari Pianemo

Keindahan Pulau Pianemo (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Untuk urusan keindahan alam yang memesona, siapa yang tidak kenal dengan Raja Ampat, Papua Barat. Jika berkunjung ke Raja Ampat, Anda harus menyempatkan diri menyambangi Pulau Pianemo. Pulau yang berada di Distrik Waigeo Barat ini menyimpan sejuta pesona keindahan alam bahari yang sayang untuk dilewati.

Tak hanya keindahan bawah laut dengan ragam flora dan faunanya yang memesona. Keberadaan salah satu pulau di Raja Ampat, juga menawarkan keindahan panorama laut yang berpadu dengan gugusan bukit karst (karang). Pulau tersebut bernama Pianemo. Ini menjadi salah satu pulau yang memiliki sudut terbaik menikmati gugusan karst Raja Ampat.

"Keindahan alam Indonesia memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Salah satunya adalah Raja Ampat. Kabupaten Raja Ampat ini tidak hanya menawarkan keindahan bawah laut dengan ragam flora dan faunanya yang memesona. Salah satu kawasan di Papua Barat ini juga menawarkan keindahan pemandangan laut yang berpadu dengan gugusan bukit karst (karang) yang elok dipandang mata. Ayo dolan ke Pulau Pianemo. Nikmati keindahan surga yang jatuh ke bumi di Raja Ampat, Papua Barat," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Sabtu (2/3/2019).

Keindahan gugusan bukit karst yang terhampar di kawasan Pianemo tak kalah cantik dengan keindahan gugusan karst di Pulau Wayag yang telah menjadi ikon Raja Ampat. Bedanya, bentuk gugusan pulau karang di Pianemo lebih kecil.

Karena itu, banyak yang menyebut Pianemo sebagai Pulau Wayag mini. Untuk menikmati keindahan pemandangan Pianemo, Anda harus naik ke puncak bukit dengan menaiki 320 anak tangga. Bagi sebagian wisatawan, ini adalah tantangan untuk berpetualang.

Namun, rasa lelah akan terbayarkan begitu Anda sampai di puncak bukit ini. Hamparan keindahan gugusan pulau karang yang melingkar seakan membentuk laguna hijau di tengah birunya samudera di kejauhan.

Menjelajahi pemandangan di area sekitar menjadi aktivitas paling populer untuk dilakukan. Tapi, Anda harus berhati-hati karena medannya dianggap tidak nyaman dan licin. Belum lagi, banyaknya batu tajam yang bertebaran di sana. Menikmati indahnya laut biru yang menenangkan. Sungguh, Anda akan dibuat nyaman.

Pulau Pianemo juga populer dengan tanjung terkenal bernama Bintang. Seperti namanya, tanjung ini berbentuk bintang apabila dilihat dari atas. Untuk menyaksikannya dengan jelas, Anda perlu mendaki bukit terlebih dahulu. Tips-nya, Anda bisa melakukan hiking di pagi hari, saat suhunya masih dingin dan sinar matahari terasa hangat.

Ada banyak penerbangan dari Jakarta (Bandara Internasional Soekarno-Hatta) menuju Raja Ampat (Bandar Udara Marinda). Harga tiket pesawat yang ditawarkan untuk sekali jalan juga bervariasi.

Dari Jakarta, Anda akan terbang sekitar 2 jam 10 menit untuk transit di Bandar Udara Internasional Sultan Hasanuddin, Makassar. Kemudian dilanjutkan ke Bandar Udara Domine Eduard Osok di Sorong, Papua Barat, sekitar 2 jam 15 menit. Dari Sorong, berlanjut ke Bandar Udara Marinda di Waisai, sekitar 30 menit.

Nah, menuju Pianemo bisa dilalui dari Waisai yang sudah masuk Kabupaten Raja Ampat, atau dari Kota Sorong. Dari Sorong, membutuhkan waktu sekitar 2 jam dengan menggunakan speed boat. Sementara jika berlayar dari Waisai, hanya butuh sekitar 1 jam, juga dengan speed boat.

Biaya speed boat berkapasitas 30 orang dari Sorong ke Pianemo bisa mencapai Rp30 juta satu kapal. Ya, tinggal dibagi saja antar penumpang. Sementara dari Waisai ke Pianemo, biaya speed boat sebesar Rp5,5 juta dibagi 8 orang. Semuanya untuk pulang-pergi (PP). Sebelum benar-benar masuk Pianemo, Anda perlu membayar biaya masuk di pos untuk kapal Rp500 ribu dan spead boat Rp300 ribu.


Editor : Vien Dimyati