Tak Jauh dari Gunung Ijen, Intip Keunikan Air Terjun Kembar 3 di Banyuwangi

Vien Dimyati ยท Kamis, 24 Oktober 2019 - 11:42 WIB
Tak Jauh dari Gunung Ijen, Intip Keunikan Air Terjun Kembar 3 di Banyuwangi

Air Terjun Kembar 3 di Banyuwangi jadi destinasi favorit. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke berbagai destinasi di Indonesia memang tidak ada habisnya. Tidak hanya pantai yang bisa memikat wisatawan. Mengunjungi keindahan air terjun juga menjadi hal mengasyikan untuk dilakukan bersama keluarga dan teman.

Ada banyak wisata air terjun di Indonesia yang bisa dieksplor wisatawan. Salah satunya, Air Terjun Jagir yang berada di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Air terjun ini memiliki keunikan dan lokasinya tak jauh dari Gunung Ijen yang fenomenal.

Selintas objek wisata ini memang tampak seperti air terjun lain. Pemandangan menarik yang tersaji di air terjun ini adalah terdapat tiga sumber mata air yang muncul dari sumber mata air langsung. Masyarakat Banyuwangi kerap menjuluki 'three in one'.

Ai terjun pertama terletak di bawah badan jalan dengan ketinggian sekitar 10 meter yang disebut air terjun kembar. Air terjun kedua, letaknya berada di belakang rumah warga yang biasa disebut Air Terjun Bersaudara. Sedangkan air terjun ketiga, lokasinya agak masuk dalam dengan menyusuri jalan berbatu mengikuti aliran air.

Wisatawan lebih mengenal Air Terjun Jagir sebagai Air Terjun Kembar. Air Terjun Jagir kerap menjadi spot terpopuler untuk berswafoto.

"Keseruan traveling juga bisa kalian rasakan saat berkunjung ke Banyuwangi. Yap Kabupaten paling ujung timur Provinsi Jawa Timur ini memiliki Destinasi wisata yang seru banget. Salah satunya adalah Air Terjun Jagir. Air Terjun Jagir ini terletak di Dusun Kampung Anyar, Desa Taman Suruh, Kecamatan Glagah. Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Sekitar 1 jam dari Gunung Ijen. Dengan ketinggian sekitar 20 m. Terdapat 3 aliran air terjun di tempat ini. Dua air terjun berdekatan dengan ketinggian sekitar 20 meter, sedang yang satunya berjarak sekitar 300 meter dengan ketinggian 40 meter. Tempat ini tidak terlalu luas, tapi pemandangan alam yang asri dan air terjun yang menyegarkan dapat menjadi pilihan tempat untuk refreshing. HTM : Rp 5.000," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Kamis (24/10/2019).

Tak hanya takjub dengan keindahan air terjun yang memiliki tiga aliran. Wisatawan juga akan dimanjakan dengan pemandangan alam yang asri, dan pohon-pohon rindang.

Jika tertarik ingin mengunjungi Air Terjun Jagir, Anda bisa mengambil rute dari pusat Kota Banyuwangi (simpang lima) perjalanan diarahkan ke Terminal Sasak Perot di Desa Bakung, Kecamatan Glagah.

Selanjutnya, perjalanan tetep lurus ke arah barat hingga tiba di pertigaan Patung Barong di Desa Banjarsari. Dari pertigaan ini, mengambil arah lurus melintasi Desa Kemiren hingga desa Taman Suruh. Selanjutnya perjalanan diteruskan beberapa menit hingga masuk Dusun Kampung Anyar. Sesampainya di area parkiran perjalanan diteruskan dengan melewati jalan setapak menurun, berundak sejauh kurang lebih 100 meter yang di kanan kirinya sudah di beri pengaman. Bagaimana, tertarik menjelajahi Banyuwangi sambil berwisata ke Air Terjun Jagir?


Editor : Tuty Ocktaviany