Tak Kalah Indah dari Parangtritis, Bantul Miliki Pantai Gua Cemara yang Eksotis

Vien Dimyati ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 12:15 WIB
Tak Kalah Indah dari Parangtritis, Bantul Miliki Pantai Gua Cemara yang Eksotis

Pantai Gua Cemara yang Eksotis (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sesuai dengan namanya, Yogyakarta memang istimewa. Anda yang pernah jalan-jalan ke kota gudeg pasti tahu rasanya seperti apa. Kota dengan beragam keistimewaan dan potensi wisata. Salah satunya wisata pantai, seperti Pantai Gua Cemara.

Pantai ini unik, karena terdapat ribuan pohon cemara yang tumbuh di tepian pantai. Satu pohon dengan pohon lain akan membentuk semacaram lorong panjang yang seolah tanpa batas.

Meski namanya tak setenar Pantai Parangtritis, keindahan pantai ini tak perlu diragukan. Banyak pengunjung yang mulai berdatangan sejak foto-foto keindahan pantai beredar di media sosial.

"Hallo visitors! Weekend ini visitors bisa berlibur ke salah satu pantai yang terletak di Yogyakarta nih, yaitu Pantai Gua Cemara. Pantai Gua Cemara memiliki panorama alam yang indah dengan banyak sekali pohon cemara di sekitarnya. Selain itu, terdapat sebuah lorong panjang menyerupai Goa yang terbentuk oleh ratusan pohon cemara," tulis Instagram @Visitjogja, dikutip Kamis (9/5/2019).

Di Pantai Gua Cemara terdapat penangkaran penyu. Anda bisa melihat pengembangbiakan penyu secara langsung, bahkan berkesempatan melepasnya ke laut. Gelombang air di kawasan Pantai Gua Cemara termasuk ganas, karena itu, pengunjung dilarang berenang. Namun, masih banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Salah satunya memanfaatkan lahan camping ground yang ada di sekitar area parkir.

Pengunjung juga bisa menjelajah wilayah sekitar dengan menunggangi kuda maupun menyewa ATV. Ada pula beberapa spot selfie dan ayunan menarik. Pantai ini memang cocok untuk hunting foto dan prewedding. Perpaduan pasir pantai dengan pohon cemara dan guguran daunnya akan menghasilkan foto yang mengagumkan.

Keberadaan Mercusuar setinggi 40 meter menjadi daya tarik dari Pantai Gua Cemara. Masuk ke spot favorit ini hanya dibatasi dua orang, dan dikenakan biaya Rp5.000 per dua orang. Dari atas mercusuar, keindahan alam sekitar pantai tampak jelas. Panorama alam yang memadukan antara lautan luas, gunung, perbukitan, dan pohon cemara menambah keeksotisan pantai ini.

Pantai Gua Cemara masuk ke wilayah Kabupaten Bantul. Tepatnya di Dusun Patihan, Desa Gadingsari, Kecamatan Sanden. Jarak dari Kota Yogyakarta sekitar 33 km. Tak sampai satu jam, Anda sudah bisa sampai di tempat ini dengan kendaraan pribadi.

Sebelum memasuki wilayah pantai, Anda akan berhenti di tempat pembayaran retribusi untuk membayar tiket masuk Rp5.000 per orang. Setelah sampai ke tujuan, Anda harus membayar parkir. Sepeda motor Rp2.000, mobil Rp5.000, dan bus Rp15.000.


Editor : Vien Dimyati