Terpesona Keindahan Telaga Ngebel Ponorogo, Indah dan Terkenal Mistis

Vien Dimyati ยท Selasa, 06 Agustus 2019 - 15:00 WIB
Terpesona Keindahan Telaga Ngebel Ponorogo, Indah dan Terkenal Mistis

Telaga Ngebel Ponorogo jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pancaran sinar matahari selalu terlihat cantik dari telaga yang ada di Ponorogo, Jawa Timur ini. Anda bisa menyaksikan cahaya yang keluar secara perlahan dari persembunyiannya. Indah dan memesona. Menjelang sore, eksotisme senja di telaga bernama Ngebel ini pun hampir sempurna.

Di sekeliling telaga terdapat banyak pepohonan yang berdiri kokoh. Terletak di kaki Gunung Wilis, membuat suasana di telaga terasa sejuk. Udaranya pun segar. Dijamin, Anda enggan untuk beranjak. Ukurannya cukup luas, Anda bisa melakukan banyak hal di sini. Bermain wahana air atau bermain ke atas bukit.

"Meskipun setiap pagi selalu menawarkan cerita baru, namun pagi hari di sini adalah cerita yang tak terlupakan. Sobat Pesona tinggal pilih! Ingin bersantai menikmati pagi atau senja, bermain wahana air, atau bermain ke atas bukit? Kalau mau semuanya, tentu lebih menyenangkan. Tapi pastikan kamu bangun sebelum matahari beranjak! Dan, jangan tidur lagi!" tulis Instagram @Pesonaid_travel, Selasa (6/8/2019).

Bila ingin mendapatkan pemandangan yang berbeda, Anda bisa naik ke atas bukit. Dari atas, panorama Telaga Ngebel terlihat lebih memesona. Keindahannya akan membuat mata Anda tak bisa berkedip. Telaga Ngabel berada di perbatasan antara Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Madiun.

Ketenangan dan keindahannya akan membuat wisatawan yang datang berdecak kagum. Apalagi saat mendengar legenda yang berkembang tentang Telaga Ngebel. Kawasan wisata ini kerap dikaitkan dengan Baru Klinting, seekor ular naga besar yang mempunyai hati mulia. Ular naga ini tidak suka mengganggu manusia.

Menurut cerita masyarakat, Baru Klinting merupakan jelmaan dari Patih Kerajaan Bantaran Angin yang sedang bermeditasi dan menjadi ular. Naga ini digadang-gadang dimaksudkan untuk memberikan pelajaran kepada masyarakat sekitar untuk tetap membumi atau tidak sombong.

Ada pula versi cerita lainnya yang menyebutkan jika Baru Klinting merupakan perwujudan dari anak sepasang suami-istri yang lahir dalam bentuk ular. Sampai sekarang, sering muncul suara-suara misterius di malam hari yang bersumber dari siluman naga tersebut.

Setiap 1 Suro, masyarakat Ponorogo menggelar ritual larungan tumpeng ke tengah telaga dan ditenggelamkan. Tradisi yang dinamakan dengan Larungan Buceng Purak ini berlangsung setiap tahun. Di dalam acara tersebut, sebelumnya diisi berbagai pertunjukan, salah satunya Reog dan tarian tradisional lainnya. Ini menjadi agenda resmi Grebeg Suro.

Pagi hari adalah waktu yang tepat untuk mengunjungi telaga. Sebaiknya sebelum matahari terbit. Anda akan menyaksikan momen saat matahari pagi muncul secara perlahan dari balik bukit. Anda bisa berjalan di sekitar telaga atau menyewa perahu motor dan becak air yang bisa membawa Anda ke tengah telaga.

Puas menikmati keindahan, Anda bisa langsung menikmati sajian kuliner yang disuguhkan. Anda bisa memilih warung mana yang dijadikan tempat untuk makan. Di sekitar Telaga sudah banyak penginapan dan homestay. Jadi, jangan khawatir kemalaman di tempat ini.

Telaga Ngebel terletak di Desa Ngebel, Kecamatan Jenangan, Kabupaten Ponorogo. Sekitar 30 km dari pusat Kota Ponorogo. Ada dua jalur menuju ke sini. Pertama jalur ponorogo, kedua jalur Delopo, Madiun. Harga tiket masuknya weekday Rp10.000, weekend Rp15.000.


Editor : Tuty Ocktaviany