Terpikat Keindahan Bukit Teletubbies Gunungkidul, Perbukitan Hijau Terlihat Eksotis

Vien Dimyati ยท Sabtu, 08 Februari 2020 - 10:03 WIB
Terpikat Keindahan Bukit Teletubbies Gunungkidul, Perbukitan Hijau Terlihat Eksotis

Keindahan Bukit Bagus Gunungkidul (Foto : [email protected])

JAKARTA, iNews.id - Pesona keindahan alam yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta selalu saja membuat wisatawan terpesona. Ada banyak destinasi menarik di sini yang wajib dijelajahi.

Apalagi jika Anda singgah ke Gunungkidul, bersiaplah untuk takjub melihat panorama alamnya. Salah satu objek wisata di Gunungkidul yang pernah viral pada 2019 adalah Gunung Bagus Paliyan.

Tidak seperti pegunungan pada umumnya. Gunung Bagus memiliki keindahan layaknya Bukit Teletubbies. Hamparan hijau terlihat eksotis sejauh mata memandang. Bahkan, keindahannya mirip dengan Bukit Wairinding di Sumba.

"Selamat pagi #ayodolan. Ini dia Bukit Teletubies yang terletak di area Gunung Bagus, Paliyan, Gunungkidul. Tempatnya keren banget loh guys, apalagi ketika di pagi hari ataupun sore hari. Udaranya pun sangat sejuk sehingga cocok dijadikan tempat untuk jogging. Banyak orang menilai tempat ini mirip dengan yang ada di Sumba loh guys, tapi ini versi Yogya loh yaa. Buruan main kesini guys," tulis Instagram @ayodolan, dikutip Sabtu (8/2/2020).

Gunung Bagus Paliyan adalah area hutan rakyat yang morfologinya terdiri dari bukit-bukit kecil. Awal mula, perbukitan ini ditanami hutan jati yang kemudian dibabat. Karena lahan tersebut kosong, maka oleh masyarakat semua lahan di area ini ditanami jagung. Ketika ditanami jagung ini, Gunung Bagus terlihat indah.

Setelah menjadi viral, Gunung Bagus menjadi incaran wisatawan yang ingin berburu foto. Namun, karena ini merupakan lahan pertanian milik masyarakat dan dikelola petani, maka wisatawan dilarang untuk merusak lahan.

Untuk dapat menikmati suasana pedesaan di sini, sebaiknya datang pada pagi atau sore hari. Anda bisa menikmati mentari pagi atau sore sambil bersepeda dan jogging.

Gunung Bagus terletak di Dusun Nasri, Desa Giring, Kecamatan Paliyan. Jika tertarik ingin mengunjungi perbukitan ini, Anda bisa berkendara dari Yogyakarta kurang lebih sekitar 1,15 jam menuju Wonosari. Kemudian, belok ke arah Pantai Baron. Letak Gunung Bagus tidak jauh dari Pantai Baron.


Editor : Vien Dimyati