Terpikat Keindahan Pantai Tiga Warna di Malang, Air Lautnya Gradasi Putih & Biru

Vien Dimyati ยท Selasa, 30 Juli 2019 - 15:52 WIB
Terpikat Keindahan Pantai Tiga Warna di Malang, Air Lautnya Gradasi Putih & Biru

Indahnya Pantai Tiga Warna di Malang. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Pantai ini memiliki keunikan dari gradasi warna air lautnya. Kombinasi corak putih, biru muda dan biru pekat, menjadi daya tarik utama pantai yang masuk dalam kawasan Clungup Mangrove Conservation (CMC) ini.

Malang, Jawa Timur, berdekatan dengan Pesisir Selatan Pulau Jawa. Tidak heran jika Malang memiliki berbagai macam pantai indah.

Kombinasi tiga warna tersebut terlihat semakin menawan dengan paduan pasir pantai yang berwarna kecoklatan. Selain menawarkan panorama cantik dengan keindahan laut yang terjaga, pantai ini juga mengutamakan prinsip keseimbangan ekosistem. Tak heran, destinasi wisata ini begitu memikat para pencinta snorkeling.

Untuk melestarikan keindahan pantai, pengelola membuat peraturan cukup ketat bagi yang ingin berkunjung ke pantai ini. Sebelum berkunjung, Anda harus melakukan reservasi. Pihak pengelola memang membatasi kunjungan wisatawan hanya 100 orang per hari. Bahkan saat libur panjang di penghujung tahun dan Idul Fitri, CMC Tiga Warna menutup total kawasan wisata.

Menurut pihak pengelola, intervensi manusia ketika peak season akan berbahaya terhadap ekologi di kawasan sekitar.

"Ayo dolan ke sini. Sebelum memasuki kawasan pantai, barang bawaan kamu akan diperiksa terlebih dahulu. Terutama yang berpotensi menjadi sampah selama berada di sekitar pantai. Saat pulang, bawaan pengunjung akan kembali diperiksa di loket keluar. Setiap orang wajib membawa pulang sampah masing-masing. Apabila kurang dari yang sudah dicatat, pengelola takkan segan menjatuhkan denda yang lumayan. Jadi, jangan lupa untuk selalu jaga kebersihan ya! Foto dolan dari @felicia.agatha05," tulis Instagram @Ayodolan, Selasa (30/7/2019).

Melihat keindahan Pantai Tiga Warna seperti melihat deretan pantai di Bali. Bedanya, pantai ini tak bagitu ramai. Pantai ini memiliki air laut yang jernih. Anda bahkan bisa melihat penampakan ikan dan terumbu karang yang indah dari permukaan.

Selain snorkeling, berenang dan bermain air menjadi aktivitas populer di pantai ini. Anda bisa menjelajahi pantai sembari menikmati panoramanya yang asri, bersih, dan terlindungi oleh hijaunya hutan lindung.

Pantai Tiga Warna berada satu wilayah dengan Pantai Clungup dan Pantai Gatra. Sekitar 71 km dari pusat Kota Malang, dengan waktu tempuh sekitar dua jam perjalanan. Jalan menuju ke sini sudah cukup bagus. Bisa dilewati dengan mudah menggunakan kendaraan bermotor maupun roda empat.

Dari pos tiket masuk, Anda masih harus berjalan dua kilometer untuk mencapai pantai. Jalanan berupa turunan jalan sempit. Setiap pengunjung akan didampingi satu orang guide. Satu guide memandu satu rombongan berjumlah maksimal 10 orang. Jika Anda datang berdua, akan digabung dengan rombongan lain. Biaya per guide dikenakan Rp100.000 per rombongan.

Bagi yang ingin mendirikan tenda, bisa dilakukan di pantai lain dalam kawasan hutan konservasi, biasanya di Pantai Gatra. Di Pantai Gatra juga tersedia fasilitas dasar seperti toilet.

Berwisata ke Pantai Tiga Warna, berarti juga berlibur ke beberapa pantai sekaligus. Selain Pantai Clungup dan Pantai Gatra, Anda juga melewati Pantai Watu Pecah.

Anda tak perlu repot membawa tenda, di sini sudah tersedia jasa penyewaan tenda. Tenda ini bisa digunakan untuk camping atau bermalam. Selain tenda-tenda yang ada di sekitar pantai, terdapat pula beberapa penginapan yang bisa disewa. Harga yang ditawarkan cukup terjangkau, mulai dari Rp250.000 hingga Rp400.000.


Editor : Tuty Ocktaviany