Terpikat Keindahan Pura Taman Mumbul, Bisa Kenal Budaya Bali yang Eksotis

Vien Dimyati ยท Jumat, 29 Mei 2020 - 20:19 WIB
Terpikat Keindahan Pura Taman Mumbul, Bisa Kenal Budaya Bali yang Eksotis

Keindahan Pura Taman Mumbul (Foto : Instagram@podchocolate)

JAKARTA, iNews.id - Ada banyak destinasi menarik di Pulau Dewata Bali yang bisa dijelajahi. Selain pantai yang eksotis, Bali juga memiliki deretan pura megah dan indah.

Salah satunya, Pura Taman Mumbul Bali. Pura ini menjadi tempat ibadah umat Hindu Bali. Ini menjadi lokasi persinggahan wisatawan yang datang dari berbagai penjuru negara dunia.

Pura Taman Mumbul Sangeh didesain untuk memperkenalkan budaya Bali kepada dunia. Pura dibangun untuk mendampingi keberadaan Pura Ulun Mumbul.

Berkunjung ke Taman Mumbul, traveler akan mendapati dua bagian yang berbeda. Bagian selatan, tampak sebuah pura cukup besar. Inilah Pura Ulun Mumbul. Di bagian depan pura ini memiliki kolam ikan kecil.

Pada bagian utara, traveler akan menyaksikan kolam yang mirip danau dengan air yang jernih. Di kolam ini juga terdapat pura, namun lebih kecil yang dinamakan Pura Taman Mumbul.

Di Taman Mumbul ini akan Anda temui area hijau, indah, dan asri. Terdapat pula kolam ikan yang kian menambah pemandangan pura semakin asri

Bagi umat Hindu, pura Taman Mumbul Sangeh sangat sakral. Pura ini biasa dipakai untuk acara Upacara Melasti. Di sini terdapat pancuran Solas, yang merupakan aliran air untuk melakukan penglukatan.

Untuk melakukan penglukatan, pengunjung beragama Hindu melakukan persembahyangan terlebih dahulu.

Kemudian baru masuk ke area pancuran tempat untuk penglukatan. Penglukatan ini diawali dari pancuran Dewi Gangga, lalu Dewi Saraswati hingga seterusnya dan berakhir di pancuran Dewa Siwa yang total seluruhnya ada sebelas pancuran.

Keseluruhan pancuran air ini suci, sehingga disebut dengan nama Pancuran Solas. Sembilan pancuran merupakan Dewata Nawa Sanga, dan kedua lagi adalah pancuran Dewi Gangga dan Dewi Saraswati.

Untuk mencapai pura ini, traveler bisa menuju ke kawasan wisata Desa Sangeh, Kabupaten Badung, Bali. Hanya butuh waktu 60 menit dari Denpasar. Bagaimana, tertarik menjelajahi Pura Taman Mumbul?


Editor : Vien Dimyati