Terpikat Pesona Pantai Padang Bai Bali, Tersembunyi di Kota Pelabuhan Kapal Feri

Vien Dimyati ยท Senin, 28 Oktober 2019 - 13:31 WIB
Terpikat Pesona Pantai Padang Bai Bali, Tersembunyi di Kota Pelabuhan Kapal Feri

Pantai Padang Bai Bali jadi destinasi favorit wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Nama pantai ini di kalangan wisatawan lebih dikenal dengan nama Pantai Padang Bai. Namun, sebenarnya Padang Bai adalah salah satu pelabuhan laut, pintu keluar masuk pulau Bali melalui jalur laut.

Pelabuhan Padang Bai adalah pelabuhan kapal feri yang cukup besar, melayani penyeberangan dari Bali ke Lombok dan sebaliknya. Pantai Padang Bai yang dimiliki kota pelabuhan ini ternyata menyimpan kecantikan yang luar biasa. Di samping hiruk pikuk kegiatan kapal di pelabuhan, Pantai Padang Bai, terkenal memiliki pasir putih yang terhampar luas dan laut biru jernih.

Pantai Padang Bai memiliki bebatuan karang yang indah dan cantik. Lokasinya yang terlindung di teluk menjadikan arus airnya tenang dan tidak begitu dalam. Bagi pencinta diving, menyelam di area Pantai Padang Bai akan terasa berbeda karena temperatur air lebih dingin dan jarak pandang di dalam air rendah. Salah satu spot terbaik untuk menyelam berada tidak terlalu jauh dari pantai dan dapat dijangkau menggunakan perahu nelayan (jukung). Ada pula deretan cafe yang menjadikan tempat ini sebagai lokasi nongkrong asyik di Pulau Bali.

"Pantai Padang Bai memang lebih dikenal sebagai sarana penyeberangan utama menuju ke Pulau Lombok, Nusa Penida, ataupun Kepulauan Gili dan pulau-pulau lainnya di Nusa Tenggara Barat. Namun siapa sangka, di balik hiruk pikuk kegiatan kapal di pelabuhan, ada keindahan yang layak disandingkan dengan pantai lain di Bali. Padangbai, Karangasem, menyimpan pantai-pantai menawan yang lokasinya tergolong tersembunyi seperti; Pantai Bias Tugel dan Blue Lagoon. Pantai-pantai ini bisa menjadi pilihan Sobat Pesona yang ingin bersantai beralaskan pasir lembut sambil mendengar deburan ombak. Tak hanya itu, bebatuan karang yang cantik, hamparan pasir putih dan laut biru nan jernih, semua bisa kita temukan di Padangbai. Tunggu apalagi? Padangbai menanti untuk dikunjungi," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Senin (28/10/2019).

Pantai pelabuhan Padang Bai dari Kota Denpasar berjarak sekitar 53 km ke arah timur, melintasi By Pass Ida Bagus Mantra atau sekitar 30 km dari Kota Amlapura. Pelabuhan Padang Bai ini sangat terkenal di kalangan wisatawan asing, karena digunakan untuk pelabuhan fast boat ke Gili Trawangan.

Nama Padang Bai sebenarnya diberikan oleh Belanda. Dulu desa ini bernama desa Padang. Karena terletak di sebuah teluk yang dangkal dengan perairan yang tenang, Belanda dalam usahanya menjadikan Bali sebagai wilayah jajahan mulai membangun tangsi sekaligus pelabuhan di sana. Bagaimana, tertarik ingin menikmati keindahan Pantai Padang Bai?


Editor : Tuty Ocktaviany