Tersembunyi di Tengah Hutan, Air Terjun Sendang Gile di Lombok Eksotis Bertingkat

Vien Dimyati ยท Selasa, 05 November 2019 - 15:16 WIB
Tersembunyi di Tengah Hutan, Air Terjun Sendang Gile di Lombok Eksotis Bertingkat

Air terjun Sendang Gile di Lombok sangat eksotis dan disukai wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Terletak di tengah hutan dengan jalan yang terjal dan berliku, tak menyurutkan niat wisatawan mengunjungi air terjun berketinggian sekitar 600 mdpl, dengan kedalaman dari air terjun sekitar 31 meter ini untuk menikmatinya. Memiliki pesona alam yang cantik, air terjun bernama Sendang Gile ini berhasil memikat setiap orang yang berkunjung.

Berada di Desa Senaru, Kecamatan Bayan, Kabupaten Lombok Utara, Nusa Tenggara Barat, objek wisata alam ini merupakan pintu masuk pendakian menuju Gunung Rinjani, dan termasuk dalam kawasan Taman Nasional Gunung Rinjani.

"Air Terjun Sendang Gile pesonanya memang bikin gile! Keindahan air yang jatuh dari sebuah tebing bertingkat serta jalur untuk bisa mencapainya sangatlah menantang. Maka dari itu, Sendang Gile hanya diperuntukkan bagi Sobat Pesona yang punya nyali," tulis Instagram @pesonaid_travel, dikutip Selasa (5/11/2019).

Air Terjun Sendang Gile terdiri dari dua tingkat. Tingkat pertama berada di atas tebing dan jatuh ke dasar kolam yang ada di bawahnya. Sedangkan tingkat kedua adalah kolam yang terbentuk dari tingkat pertama, airnya meluncur ke bawah sehingga membentuk sungai di bawahnya. Aliran dari air terjun berasal dari Danau Segara Anak. Danau yang berada di sekitar Gunung Rinjani.

Sendang Gile memiliki aliran air yang cukup deras. Menyajikan kesejukan dan kesegaran udara di sekitarnya. Dijamin, mampu mengusir penat dan jenuh dari rutinitas sehari-hari. Berada di sini, Anda akan dimanjakan dengan pemandangan indah berupa deretan pepohonan yang menjulang tinggi.

Pepohonan itu menjadikan suasana di sekitar air terjun terlihat asri, sekalipun matahari sedang terik-teriknya. Keindahan tempat ini pun semakin memesona dengan kehadiran pelangi yang terlihat dari balik air terjun. Air terjun ini mengalir membentuk satu aliran yang tampak sangat eksotis. Hembusan kabutnya terlihat memenuhi sekitar lembah.

Untuk bisa mencapai tempat ini, Anda harus melalui dua ratusan anak tangga yang mencapai ketinggian hingga 40 meter. Selain itu, melalui jembatan berlubang yang ada di lembah, butuh waktu sekitar 15 menit untuk tiba di air terjun.

Anda bisa memilih jalur alternatif lainnya, dengan menyusuri pinggiran lembah yang agak curam. Setelah itu, mengikuti saluran irigasi serta menyeberangi jembatan yang terbuat dari rotan.


Editor : Tuty Ocktaviany