Tersembunyi di Ujung Timur Yogyakarta, Pantai Krokoh Terlihat Eksotis Dikelilingi Bukit

Vien Dimyati ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 09:43 WIB
Tersembunyi di Ujung Timur Yogyakarta, Pantai Krokoh Terlihat Eksotis Dikelilingi Bukit

Keindahan Pantai Krokoh (Foto : Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Travelling ke Daerah Istimewa Yogyakarta belum lengkap tanpa mengunjungi Gunungkidul. Berada di Gunungkidul, selain dimanjakan dengan pemandangan pegunungan yang megah. Traveler juga bisa bermain di pantainya yang eksotis.

Salah satu pantai yang bisa menjadi alternatif dikunjungi ketika berada di Gunungkidul adalah Krokoh. Berada di ujung paling timur Yogyakarta, pantai ini mampu memikat wistawan untuk datang.

Pantai berpasir putih yang indah ini berada di Desa Songbayu, Kecamatan Girisubo, Kabupaten Gunungkidul. Berbatasan langsung dengan Kabupaten Wonogiri, Jawa Tengah. Pantai yang masih alami ini diapit oleh dua tebing karang yang cukup tinggi.

"Nah ini baru namanya pantai. Masih sepi serasa pantai pribadi, belum ada fasilitas seperti warung maupun toilet. Kalau ke sini kendaraan bisa parkir di rumah warga dilanjutkan jalan kaki sekitar 1 km, capek sih tapi terbayarkan dengan pemandangannya," tulis Instagram @jogjaku, dikutip Selasa (14/1/2020).

Saat air surut, pada bagian dasar laut akan terlihat batu karang yang ditumbuhi rumput laut dan ganggang laut. Pantai yang tidak terlalu luas ini memiliki air laut berwarna biru yang jernih. Ombaknya pun relatif tenang. Banyaknya pepohonan yang rindang kian menambah keasrian pantai ini.

Pantai Krokoh terlihat seperti teluk kecil. Bentuknya seperti huruf U, dengan benteng berupa bukit-bukit di sekelilingnya. Jadi, Anda bisa bebas beraktivitas di pantai ini. Bermain pasir, bermain air, bahkan berenang. Pantai ini seolah milik pribadi.

Jika ingin menyepi dan mencari ketenangan, di sini tempatnya. Hanya ada suara ombak dan angin laut. Anda juga bisa berkemah di pantai ini. Menjelang sore, di Pantai Krokoh terlihat beberapa pemancing atau nelayan dari warga sekitar. Biasanya mereka memancing gurita dan memasang jebakan untuk mendapatkan lobster.

Tidak ada tiket masuk saat berkunjung ke sini. Tarif parkir di rumah warga pun seikhlasnya. Sebaiknya, membawa makanan dan minuman sendiri, karena belum ada warung makan di sini.

Tak ada transportasi umum yang langsung mengarah ke sini, karena letaknya berada di daerah terpencil. Lebih baik menggunakan kendaraan pribadi. Dari Kota Yogyakarta, jaraknya sekitar 94 km, dengan waktu tempuh sekitar 3 jam. Bagaimana, tertarik menjelajahi pantai yang berada di ujung paling timur Yogyakarta?


Editor : Vien Dimyati