Tugu Kujang, Landmark Kota Bogor yang Terlihat Eksotis saat Malam

Vien Dimyati ยท Senin, 16 Maret 2020 - 13:07 WIB
Tugu Kujang, Landmark Kota Bogor yang Terlihat Eksotis saat Malam

Tugu Kujang, Landmark Kota Bogor (Foto : Instagram @info_bogor.id)

JAKARTA, iNews.id - Tugu kujang di Kota Bogor memiliki banyak tempat menarik untuk dijelajahi. Selain mendapatkan julukan Kota Hujan, Bogor juga memiliki satu landmark berupa Tugu Kujang.

Tugu Kujang berdiri kokoh dan megah di Jalan Raya Pajajaran, Baranangsiang. Di depan Botanical Square yang bersebelahan dengan kampus IPB, dan diujung jalan dari Kebun Raya Bogor.

Tugu ini menjadi ikon Kota Bogor. Tidak sedikit orang yang berkunjung ke Bogor untuk melakukan selfie di sini. Apalagi saat malam hari, suasana di sekitar Tugu Kujang terlihat eksotis.

Tugu Kujang dibangun pada 4 Mei 1982 pada masa pemerintahan Wali Kota Achmad Sobana. Pembangunan tugu ini mencapai Rp80 juta.

Memiliki ketinggian sekitar 25 meter dan dibangun di atas lahan seluas 26 m x 23 m. Asal mula nama Kujang yang digunakan yaitu diambil dari nama senjata tradisional.

"Semoga Kota Bogor dan Warganya berada dalam lindungan Allah SWT. Aamiin," tulis Instagram @info_bogor.id, dikutip Senin (16/3/2020).

Kujang merupakan senjata pusaka dari etnis Sunda atau suku Sunda yang konon dipercaya memiliki kekuatan ghaib. Pusaka atau senjata kujang sudah ada sejak abad ke-14 masehi yaitu pada masa pemerintahan Kerajaan Prabu Siliwangi.

Ornament kujang yang berdiri di atas puncak tugu memiliki berat kurang lebih 800 kg dengan tinggi sekitar 7 meter. Kujang ini terbuat dari bahan stainless steel dilapisi perunggu dan kuningan. Ornamen Kujang di atas tugu ini menghadap ke arah lokasi Istana Bogor.

Dari persimpangan jalan di Tugu Kujang, Anda dapat memandang ikon Kota Bogor yang lain, yaitu Gunung Salak.

Terutama pada saat kondisi cuaca yang sedang cerah di pagi hingga menjelang petang. Di bagian bawah tugu tertulis "Dinu kiwari ngancik nu bihari seuja ayeuna sampeureun juga" yang berarti "Apa yang dilakukan hari ini dan esok harus lebih baik dari hari-hari sebelumnya".

Tulisan tersebut berasal dari prasasti Lingga dan Batutulis Kerajaan Pajajaran yang dipimpin oleh Sri Baduga Maharaja Ratu Adil.

Dulu, di belakang Tugu Kujang terlihat pemandangan Gunung Salak yang menjadikannya semakin indah dipandang. Namun sayang, kini pemandangan Gunung Salak tertutup gedung-gedung tinggi.

Meski demikian, Tugu Kujang tetap dirawat untuk melestarikannya. Apabila Anda berlibur ke Kota Bogor sempatkan waktu mengunjungi atau sekadar mampir menyaksikan Tugu Kujang. Bagaimana, tertarik selfie di Tugu Kujang Bogor?


Editor : Vien Dimyati