Wisata Bandung, Kawah Putih Makin Instagramable karena Dermaga Apung

Vien Dimyati ยท Selasa, 12 Maret 2019 - 15:06 WIB
Wisata Bandung, Kawah Putih Makin Instagramable karena Dermaga Apung

Kawah Putih jadi destinasi menarik bagi wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kota Bandung tak akan pernah habis menampilkan keindahannya. Sederet tempat wisata yang menyuguhkan keindahan alam hadir di kota berjuluk Paris Van Java ini. Bagi warga Jawa Barat, tentu tak asing dengan objek wisata Kawah Putih. Salah satu ikon wisata yang Instagramable.

Kawah yang terbentuk akibat letusan Gunung Patuha ini berjarak sekitar 44 kilometer dari Kota Bandung. Kawah ini akan memanjakan mata Anda dengan pemandangan cantik dan meneduhkan. Apalagi sekarang sudah ada Dermaga Apung atau Dermaga Ponton. Dermaga ini menjadi spot swafoto baru di objek geowisata Kawah Putih.

"Gunung Patuha, alasan cantiknya Kawah Putih di Ciwidey. Jauh mata memandang di tengah-tengah danau vulkanik dengan lanskap Gunung Patuha, kini ada dermaga apung yang melintang sepanjang 50 meter dan lebar 2 merer. Menjorok dari pinggir danau ke pulau kecil yang menyembul di tengah permukaan danau. Siapa nih yang udah foto di dermaga ini?" tulis Instagram @ayodolan, Selasa (12/3/2019).

Dermaga Ponton mengapung di atas danau yang berwarna putih kebiruan dan kehijauan bercampur belerang khas danau vulkanik. Di bawah jembatan terdapat drum plastik yang berfungsi sebagai pelampung dan mengambang di atas air. Setiap sisi jembatan ditahan menggunakan tali tambang.

Di dermaga itu, para pengunjung terlihat asyik berswafoto. Ketinggian jembatan akan menyesuaikan dengan tinggi muka air danau dan naik turun secara otomatis, tergantung tinggi muka air. Demi keselamatan pengunjung, Dermaga Ponton ini hanya diperbolehkan dinaiki paling banyak 30 orang dan paling lama 15 menit.

Wisatawan yang mengunjungi dermaga ponton mencapai 100 orang setiap hari. Pihaknya pun menjamin keamanan wisatawan yang menaiki dermaga. Bagi wisatawan yang ingin berswafoto di Dermaga Ponton akan dikenai tiket khusus di luar tarif masuk ke kawasan Kawah Putih sebesar Rp10.000 per orang.

Objek wisata ini terletak di Kecamatan Rancabali dan Pasirjambu, Kabupaten Bandung, Jawa Barat. Untuk sampai ke objek wisata ini, dibutuhkan dua jam perjalanan menggunakan sepeda motor dan tiga jam perjalanan menggunakan mobil atau bus dari titik 0 Kota Bandung dengan jarak sejauh 53 km. Harga tiket masuk Kawah Putih pada hari biasa dan hari libur, serta akhir pekan adalah sama, yaitu Rp15.000 per orang.


Editor : Tuty Ocktaviany