Wisata di Surabaya, Kebun Bibit Wonorejo Miliki Pemandangan Instagenik

Vien Dimyati ยท Kamis, 09 Mei 2019 - 06:09 WIB
Wisata di Surabaya, Kebun Bibit Wonorejo Miliki Pemandangan Instagenik

Kebun Bibit Wonorejo jadi destinasi wisatawan. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Berjuluk Kota Pahlawan, Surabaya menyimpan banyak potensi wisata yang menarik. Wisata yang dimiliki Ibu Kota Provinsi Jawa Timur ini tak sekadar wisata belanja ataupun kuliner, banyak kawasan wisata alam yang bisa digunakan untuk rekreasi bersama keluarga. Salah satunya, Kebun Bibit Wonorejo.

Kebun bibit di Surabaya ada dua kawasan. Pertama di daerah Ngagel Jaya. Kedua di daerah Wonorejo. Wisatawan lebih melirik kawasan Wonorejo karena lebih instagenik. Banyak hal yang bisa dilakukan di kawasan ini daripada Ngagel Jaya.

Taman rekreasi yang sudah ada sejak 2011 ini, sebelumnya hanya digunakan untuk pembibitan berbagai tanaman untuk penghijauan kota, kemudian direvitalisasi dan dimaksimalkan fungsinya. Berada di sini, Anda akan dimanjakan dengan udaranya yang sejuk karena banyaknya pepohonan yang menjulang tinggi.

Ada area tempat duduk yang nyaman untuk istirahat. Ada pula area khusus yang digunakan untuk melakukan penanaman dan merawat tanaman. Jika Anda ingin tahu informasi mengenai tanaman tersebut, bisa langsung bertanya ke petugas.

"Ini dia kebun bibit seperti di antara perbukitan yang mempunyai suhu udara yang sejuk. Ayo dolan ke sini. Di sini ada sebuah danau buatan yang sengaja dibangun. Membuat suasana menjadi sangat berbeda. Lebih tenang dan nyaman. Biasanya di kawasan ini banyak orang yang mengabadikan melalui kamera. Yuk, tag dan ajak teman kamu dolan ke sini," tulis Instagram @ayodolan, Kamis (9/5/2019).

Area dengan luas 5.9 hektare ini dilengkapi dengan mini zoo yang berisikan beberapa hewan seperti rusa dan beberapa unggas. Jika ingin memberi makan, cukup membeli pakannya dengan harga Rp5.000. Berbagai macam bunga juga membuat tempat ini menjadi lebih cantik.

Ada pemandangan menarik di tengah taman, yaitu danau buatan yang cukup luas. Pinggiran danau dikelilingi pohon-pohon besar yang rindang. Duduk santai di bawah rindangnya pohon akan terasa mengasyikkan. Hembusan angin segar menambah betah pengunjung untuk berlama-lama di sini.

Danau ini juga dilengkapi semacam dermaga yang bisa digunakan untuk memancing, sekadar duduk-duduk, bahkan foto prewedding. Ada pula sarana jogging track yang mengelilingi danau, arena bermain anak, toilet, dan food terrace.

Kebun Bibit Wonorejo juga sudah menyediakan sentra kuliner. Menu makanannya beragam, mulai makanan tradisional rujak cingur hingga camilan kekinian. Anda bisa menikmatinya mulai dari Rp5.000.

Kebun Bibit Wonorejo berada di Jalan Kendal Sari Blok RK No. 70, Wonorejo, Rungkut, Kota Surabaya. Rute yang bisa dilalui melalui Terminal Bungurasih menuju ke Taman Flora. Arahkan kendaran menuju ke Jalan Kendalsari. Jalan lurus kurang lebih tiga menit, Anda bisa melihat pintu masuk kebun buah wonorejo. Tiket masuknya gratis.


Editor : Tuty Ocktaviany