Wisata ke Klaten, Kali Talang Jadi Spot Terpopuler Menikmati Keindahan Merapi

Vien Dimyati ยท Jumat, 31 Mei 2019 - 12:52 WIB
Wisata ke Klaten, Kali Talang Jadi Spot Terpopuler Menikmati Keindahan Merapi

Kali Talang jadi spot terpopuler menikmati keindahan Merapi. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Kali Talang menjadi spot paling dicari wisatawan ketika berwisata ke Klaten. Objek wisata ini berada di perbatasan Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta dan Klaten, Jawa Tengah.

Terletak di lereng Gunung Merapi, destinasi wisata ini menawarkan panorama dan suasana alam pegunungan di kawasan Taman Nasional Gunung Merapi. Dari tempat ini, Anda bisa melihat betapa gagahnya Gunung Merapi dari dekat.

Diresmikan pada 27 Februari 2017, wisata alam yang berada di Desa Balerante, Kecamatan Kemalang, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah ini masuk dalam Kawasan Rawan Bencana (KRB) III Gunung Merapi. Tepatnya di sebelah utara Pos Pantauan Merapi Induk Balerante 149.070 Mhz.

"Puncak Merapi tampak jelas dari objek wisata ini. Datanglah pagi hari, biasanya Merapi menampakan kegagahanya. Ekowisata Kali Talang, Balerante, Kemalang, Klaten, Jawa Tengah," tulis Instagram @pesonajogja, Jumat (31/5/2019).

Berkunjung ke Kali Talang, Anda akan disuguhi panorama alam menawan, berupa bentangan perbukitan hijau dengan latar Gunung Merapi yang menawan. Perbukitan itu merupakan jajaran hutan Taman Nasional Gunung Merapi. Sungai besar dengan jurang yang dalam akan terlihat dari tempat ini.

Suasanya sejuk dan asri. Datanglah pada pagi hari saat kondisi cuaca cerah, Anda akan melihat pesona Merapi yang mengagumkan tanpa halangan. Selain itu, spot-spot selfie dari bambu yang artistik menjadi tempat yang cocok untuk berfoto di balik megahnya keindahan panorama perbukitan.

Dari sini, Anda juga bisa melihat jalur lintasan sepeda gunung (Downhill) yang meliuk indah. Jalur lintasan yang terlihat berwarna coklat itu terlihat kontras dengan hijaunya rerumputan dan tumbuhan di sekitar lokasi.

Selain gardu pandang, Kali Talang juga sudah dilengkapi fasilitas pendukung lainnya, mulai dari taman, gazebo, kamar mandi, warung, dan tempat parkir yang luas. Tempatnya rapi dan bersih, Anda akan betah berlama-lama di sini.

Kawasan ekowisata Kali Talang juga berdekatan dengan objek wisata baru lainnya, yaitu Embung Tegalmulyo. Jadi sekali perjalanan, Anda bisa menikmati dua buah spot wisata sekaligus. Memasuki kawasan ini, Anda hanya perlu mengeluarkan biaya Rp2.000, itu pun untuk parkir kendaraan.

Menuju tempat ini, Anda bisa melakukan perjalanan dari Kota Yogyakarta menuju Prambanan ke arah Manisrenggo, terus saja menuju Kemalang. Anda akan menemui Pos Pantauan Merapi Induk Balerante. Jika dari arah Klaten dan Solo, Anda bisa gunakan Jalur Yogyakarta –Solo. Di pertigaan Pabrik Gula Gondang ambil kanan, lalu menuju ke Kemalang.


Editor : Tuty Ocktaviany