Geopark Indonesia

Wisata ke Sulawesi Utara, Pasar Ekstrem di Tomohon Jadi Daya Tarik Turis

iNews ยท Minggu, 10 November 2019 - 15:31 WIB
Wisata ke Sulawesi Utara, Pasar Ekstrem di Tomohon Jadi Daya Tarik Turis

Salah satu tempat di Minahasa, Sulawesi Utara, yang bikin penasaran adalah pasar ekstrem yang menjual berbagai macam hewan liar di Tomohon. (Foto: iNews)

JAKARTA, iNews.id - Minahasa, Sulawesi Utara, memiliki banyak keragaman budaya dan alam yang menjadi daya tarik wisatawan. Salah satu tempat yang bikin penasaran adalah pasar ekstrem yang menjual berbagai macam hewan liar di Tomohon.

Ini pula yang menarik bagi Annisa Malati dan tim Geopark Indonesia mengunjungi lokasi tersebut. Pasar ini merupakan bentuk keragaman budaya yang dimiliki masyarakat Minahasa. Hewan liar yang dijual di pasar ekstrem di antaraya ular piton.

Sebagian masyarakat Tomohon gemar mengonsumsi daging ular dengan cara digoreng hingga kering. Annisa pun sempat mencicipi rasa khas daging tikus hutan yang didapatkan dari pasar ekstrem. Agar lebih nikmat, tikus hutan diolah menjadi masakan khas Minahasa, yakni tikus rica-rica.

Usai merasakan sensasi kuliner ekstrem, tim Geopark Indonesia mencoba tantangan olahraga paralayang di Manado Skyline. Titik terbang favorit para atlet paralayang ini terletak di Bukit Tetempangan dengan ketinggian 568 meter di atas permukaan laut.

Bergeser ke wilayah sekita Danau Tondano, ternyata juga terdapat area geowisata yang cukup menantang adrenalin. Salah satunya, meluncur dengan papam selancar di atas tali dengan pemandangan indah Danau Tondano.

Tim Geopark Indonesia kemudian menelusuri ragam geologi yang ada di Minahasa, yakni situs geologi Gunung Mahawu. Orang Minahasa menamai Mahawu karena gunung ini sering mengeluarkan abu.

Walau sudah tidak aktif, aroma bau belerang yang dibawa angina masih tercium dari kejauhan. Bahkan aktivitas menyembulnya uap panas dari dalam bumi terlihat dengan jelas dari puncak Mahawu.

Tak hanya menyimpan ragam budaya dan geologi, Minahasa juga menyimpan kekayaan hayati yang sangat menawan. Apalagi keindahan bawah lautnya.

Untuk melihat langsung eksotisnya pemandangan bawah laut Minahasa, tim Geopark Indonesia pun memilih titik penyelaman di wilayah Pantai Parentek. Tak hanya indah dipandang, titik selam kali ini juga menyimpan terumbu karang yang didugga berasal dari zaman purba.

Penasaran ingin mengetahui cerita selengkapnya? Yuk, saksikan Geopark Indonesia episode Tikus Rica-Rica Khas Minahasa, Minggu (10/11/2019), pukul 16.00, hanya di iNews.


Editor : Tuty Ocktaviany