Wisata Pantai Dodola Maluku, Berjalan di Tengah Laut yang Terbelah

Vien Dimyati ยท Jumat, 08 Februari 2019 - 13:00 WIB
Wisata Pantai Dodola Maluku, Berjalan di Tengah Laut yang Terbelah

Wisata Pantai Dodola Maluku (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Sebagai negara kepulauan, Indonesia memiliki beragam keindahan alam pantai yang wajib dijelajahi. Salah satunya, Pantai Dodola yang ada di Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara.

Pulau Morotai memang terkenal memiliki alam laut yang indah. Namun, jika Anda bergeser sedikit ke sebelah barat dari Morotai, Anda akan takjub dengan keindahan Pulau Dodola.

Pulau ini layak disebut sebagai surga wisata Timur Indonesia, karena memiliki keindahan pantai yang memesona. Pulau ini terdiri dari Pulau Dodola besar dan kecil. Menariknya, kedua pulau ini hanya tersambung ketika air laut sedang surut dan membentuk jalan pasir yang unik. Maka itu, setiap wisatawan yang datang ke sini, seolah sedang berjalan di tengah laut yang sedang membelah.

"Ini Indonesia loh bukan luar negeri. Inilah salah satu surga tersembunyi di Indonesia, tepatnya di Maluku - Kepulauan Kei. Nama pantai ini adalah Pantai Dodola. Pantai ini memiliki keistimewaan tersendiri, di mana hamparan pasirnya berwarna putih cerah dan airnya berwarna biru tosca. Pemandangannya juga tak kalah indah, karea terdapat bebukitan hijau yang mengelilingi pantai ini. Mengenai pemandangan bawah airnya juga sangat indah dan masih terjaga," tulis Instagram @Indoflashlight, dikutip Jumat (8/2/2019).

Keindahan kedua pulau ini tidak berbeda jauh. Pasir pantainya putih dan sangat halus. Untuk pemandangan alamnya jangan ditanyakan lagi. Dodola memiliki pemandangan laut yang hijau, jernih dan kebiru-biruan. Ini akan menambah rasa kagum Anda.

Pasir putih yang menghubungkan kedua pulau ini terlihat unik saat air surut. Seolah Anda melihat jembatan yang tersembunyi. Untuk melewati jalan pasir ini, Anda dapat melewatinya selama lima menit.

Pulau ini tak hanya menawarkan pemandangan pantai yang menawan, tetapi taman bawah lautnya juga indah. Anda harus melakukan snorkeling jika ingin melihat terumbu karang dan ikan berwarna-warni. Bahkan di dasar lautnya, Anda akan melihat sisa-sisa pesawat Perang Dunia II. Pulau Dodola terletak di sebelah barat Pulau Morotai. Dari Tobelo, perjalanan ditempuh menuju Daruba, dan dilanjutkan dengan menggunakan seedboat menuju Pulau Dodola yang memakan waktu tempuh sekitar 20 menit.


Editor : Vien Dimyati