Wisata Petualangan di Air Terjun Takapala, Bisa Selfie dengan Keindahan Pelangi

Vien Dimyati ยท Rabu, 04 September 2019 - 23:03 WIB
Wisata Petualangan di Air Terjun Takapala, Bisa Selfie dengan Keindahan Pelangi

Serunya wisata petualangan di air terjun Takapala. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Di Kabupaten Gowa, Sulawesi Selatan, terdapat satu kelurahan bernama Malino yang kaya akan objek wisata. Letaknya di perbukitan. Suasana pedesaan nan sejuk menjadi daya tarik tersendiri di sini.

Air Terjun Takapala adalah salah satu dari sekian banyak keindahan di Malino. Sekelilingnya dihiasi tebing-tebing curam menjulang tinggi dan hutan rimbun. Di sela-sela perbukitan dataran tinggi dan rerimbunan hutan itu, Air Terjun Takapala terlihat indah dan cukup megah.

"Bagi Sobat yang suka fotografi, kawasan ini sangat cocok dijadikan tempat berburu foto. Bebatuan di sekitar air terjun juga cukup artistik sekaligus unik, lho. Tunggu apalagi?" tulis Instagram @Pesonaid_travel, dikutip Rabu (4/9/2019).

Air terjun Takapala terletak di Kampung Takapala, Desa Bontolerung, Kecamatan Tinggimoncong. Destinasi wisata alam ini bisa ditempuh sekitar tiga jam perjalanan dari Kota Makassar. Berjarak sekitar lima kilometer dari perkebunan Teh Malino.

Air terjun ini berada di sisi barat Gunung Lompobattang-Bawakaraeng. Karena lokasinya di dataran tinggi, hawa sejuk dan rindangnya pepohonan menjadi suasana khas daerah ini.

Struktur batuan yang ada di sekitar Air Terjun Takapala terbentuk karena proses pedinginan lava magma Gunung Lombobattang yang muncul di permukaan tanah di masa silam.

Jika ingin menikmati pemandangan air terjun lebih dekat, Anda bisa menaiki bukit batu yang dikenal dengan 1.000 anak tangga. Di sepanjang jalan, tersaji hamparan pohon rindang.

Selain pemandangan di sekitarnya yang alami, Air Terjun Takapala memiliki debit air yang cukup besar. Ketinggiannya kira-kira mencapai 109 meter. Di bagian dasarnya terbentuk kabut sejauh 20 Meter. Tak jarang, Anda bisa melihat pelangi di bagian dasar air terjun.

Saking tinggi dan terbuka areal wisata ini, air yang jatuh kerap terbawa angin hingga menciptakan gerimis tipis di sekitar air terjun. Saat musim hujan, aliran air terjun akan lebih deras lagi dan terlihat menakjubkan. Curahan Air Terjun Takapala membentuk kolam di dasarnya.

Kolam ini bisa dimanfaatkan untuk bermain air atau berenang. Namun tetap harus hati-hati, karena tekanan air yang cukup kuat, terutama di musim penghujan. Di area ini, air terjun ditampung oleh kolam kecil. Di situ juga terdapat bebatuan vulkanik dengan ukuran yang cukup besar.

Untuk mendapatkan pengalaman lebih, cobalah mencari gua yang berada di balik air terjun. Gua ini sangat pendek, namun berada di balik tirai air terjun. Memberikan sensasi tersendiri untuk Anda yang gemar bermain air.

Pesona air terjun ini juga menjadi background foto para wisatawan saat berselfie. Di sini banyak sekali spot cantik untuk berselfie, apa lagi bagi yang hobi foto panorama alam.


Editor : Tuty Ocktaviany