Wisata Seru ke Kepulauan Seribu sambil Nikmati Sensasi Berjemur di Kapal Phinisi

Wildan Catra Mulia ยท Senin, 08 Juli 2019 - 13:27 WIB
Wisata Seru ke Kepulauan Seribu sambil Nikmati Sensasi Berjemur di Kapal Phinisi

MNC Travel dan MNC Media jelajah wisata dengan kapal Phinisi di Kepulauan Seribu. (Foto: iNews.id/Wildan Catra)

JAKARTA, iNews.id - Kota Jakarta memiliki banyak tempat wisata, mulai dari kebun binatang, museum, hingga pusat perbelanjaan. Namun jika ingin mencari sensasi wisata pantai yang indah, traveler bisa mengunjungi Kepulauan Seribu.

MNC Travel menawarkan paket wisata menikmati birunya laut Kepulauan Seribu dengan cara yang berbeda. Selama ini menikmati semilir angin sore di atas kapal Phinisi hanya bisa dilakukan di kawasan wisata Pulau Bali, Lombok, maupun Labuan Bajo.


Kini, Jakarta memiliki wajah baru bagi dunia pariwisata dengan menggunakan kapal Phinisi dengan nama De Sartika. Tim MNC Media bersama MNC Travel berkesempatan menjelajahi kapal tersebut.

Kapal Phinisi berangkat dari Baywalk Mall Pluit, Jakarta Utara. Kacamata hitam terpasang, sunblock pun terpakai di kulit, kapal Phinisi tidak berada di bibir dermaga, sehingga masyarakat menggunakan kapal taksi untuk menuju ke kapal yang berkapasitas 150 orang. Sambutan pun datang dari seluruh anak buah kapal (ABK).


Kapal ini memiliki empat bagian tingkat. Under Deck diisi dengan musala dan ruang ABK. Sementara main deck adalah tempat ketika Tim MNC Media dan MNC Travel sampai di kapal Phinisi. Di bagian main deck juga terdapat meja makan yang tersedia, mulai dari roti hingga nasi bungkus pada bagian belakang.

Pukul 16.00 WIB, kapal Phinisi mulai menarik jangkar. Kapal mulai mengarungi lautan, tim bersama warga lainnya masih sibuk mencari tempat yang menurutnya Instagramable. Tempat favorit foto pada bagian main deck adalah ujung depan kapal yang eksotis karena bahan berupa kayu berwarna coklat berlatar belakang laut Jakarta.


"Jika naik tangga ada bagian Upper Deck, isinya ada anjungan yakni tempat kapten nahkoda mengoperasionalkan kapal, ruangan meeting berkapasitas 80 orang dengan bangku bernuansa putih dan pendingin ruangan, serta ditambah vip room," kata Owner Jakarta Phinisi Kunal Topandasani kepada iNews.id, belum lama ini.

Pada bagian atas terdapat sun deck, di mana kapal Phinisi memberikan bean bag yang berisikan pasir, sehingga membuat warga yang ingin berjemur sambil melihat laut merupakan tempat yang sangat bagus.


Pada pukul 17.00 WIB, alunan musik akustik dengan irama keyboard dan sexophone menjadi fasilitas tambahan untuk warga yang berada di sun deck tersebut. Terlihat warga juga bernyanyi dan berjoget bersama.

"Dengan harga Rp749.000 atau 50 dolar Amerika Serikat (AS), warga bisa menikmati keindahan laut Jakarta di kapal Phinisi," kata Kunal.

Wisata menggunakan kapal Phinisi merupakan hal yang baru di Jakarta. Kunal berharap warga bisa menikmati liburan dengan kapal mewah tersebut, tak perlu jauh-jauh ke Pulau Bali atau Labuan Bajo.

Liburan di kapal Phinisi De Sartika hanya berlaku on day trip atau sekali perjalanan, dengan menghabiskan waktu empat hingga lima jam. Jadi di kapal tersebut, tak memiliki tempat tidur seperti di tempat wisata lainnya.

Tak tanggung-tanggung, satu kapal Phinis memiliki total 11 toilet. Hal ini untuk memastikan tak ada antrean kamar mandi, sehingga warga yang berlibur merasa nyaman.

Kunal juga menjelaskan bahwa kapal Phinisi bisa dipakai acara seperti private party, ruang meeting, pesta pernikahan, atau sekadar keperluan komersial.

"Mulai dari tingkat anak kecil, milenial, dan orangtua bisa menikmati liburan ini. Karena ini merupakan hal yang baru dan pantas untuk dicoba," katanya.


Direktur Komersial MNC Travel Joneka Kandou mengatakan, menghabiskan waktu untuk liburan menggunakan kapal Phinisi merupakan kegiatan yang cocok untuk menghilangkan rasa penat masalah yang ada. Liburan kali ini juga cocok bagi kaum milenial yang suka berswafoto dengan pemandangan laut dan kapal yang bagus untuk diposting.

"Salah satu alternatif liburan meriah di Jakarta. Dan, ini mungkin pertama kali di Jakarta bisa berlayar melihat keindahan Kepulauan Jakarta," kata Joneka.

MNC Travel sebagai pendukung mengaku mengapresiasi hal ini karena dapat memajukan dan mengembangkan tempat wisata, sehingga banyak wisatawan baik mancanegara maupun lokal tetap meningkat.

Menurutnya, menghabiskan waktu di kapal Phinisi merupakan hiburan yang asyik dan tak membuang banyak waktu karena hanya one day trip. Hal itu sangat cocok bagi warga yang sekadar melepaskan rasa penat.

Sekitar pukul 20.00 WIB, jangkar diturunkan, tanda harus kembali ke darat. Kita tetap berhenti di tengah laut yang tak jauh dari dermaga, dan kapal taksi menjemput Tim MNC Media dan MNC Travel.

"Selama ini MNC Travel terus mendukung mempromosikan pariwisata di Indonesia agar semakin dikenal luas masyarakat. Salah satunya, memperkenalkan pariwisata di Kepulauan Seribu ini,” ucapnya.


Editor : Tuty Ocktaviany