Wisata Yogyakarta, Berseluncur di Gurun Pasir Mini Gumuk Parangkusumo

Vien Dimyati ยท Rabu, 23 Januari 2019 - 13:00 WIB
Wisata Yogyakarta, Berseluncur di Gurun Pasir Mini Gumuk Parangkusumo

Berseluncur di Gurun Pasir Mini Gumuk Parangkusumo (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Yogyakarta selalu memiliki ciri khas dan keunikannya sendiri. Dari masyarakatnya, budaya, hingga destinasi wisata. Salah satunya, Gumuk Pasir Parangkusumo. Destinasi wisata ini tidak dimiliki daerah lain di Indonesia. Bahkan, hanya ada tiga di Asia Tenggara, yaitu Filipina (La Paz Sand Dunes), Vietnam (Mui Ne Sand Dunes), dan Indonesia (Gumuk Pasir Parangkusumo).

Gumuk Pasir Parangkusumo termasuk dalam gumuk pasir pesisir (coastal dunes). Gumuk pasir ini terdapat di seluruh garis lintang di dunia, mulai dari kutub hingga khatulistiwa, dan bertipe pasir berchan. Saat ini, Gumuk Pasir Parangkusumo menjadi destinasi wisata favorit di Yogyakarta. Padahal, dulunya hanya dipandang sebagai gundukan pasir yang tidak berguna.

"Ingin meluncur di tengah gurun pasir? Rasakan sensasi olahraga ini di Yogyakarta! Olahraga ekstrem ini sedang digandrungi anak muda Yogyakarta, tentunya karena bisa membuat adrenalin kita merasa tertantang. Kerennya, area seperti Gumuk Pasir ini cuma ada dua di dunia, loh," tulis Instagram @Pesonaid_Travel, dikutip Rabu (23/1/2019).

Keberadaan gurun pasir mini di Yogyakarta ini tidak lepas dari keberadaan Gunung Merapi dan Gunung Merbabu yang ada di bagian utara Kota Yogyakarta. Selain itu, eksistensi Kali Opak, Kali Progo dan Pantai Parangtritis juga ikut menyumbang terbentuknya Gumuk Pasir Parangkusumo.

Gumuk pasir ini memang karya seni yang dibuat secara alami oleh alam. Traveler pasti terkesima ketika pertama kali memasuki kawasan yang dekat Pantai Parangtritis ini. Traveler akan melihat lautan pasir luas dengan hiasan berupa gundukan pasir alami dengan berbagai bentuk dan ukuran. Gumuk Pasir Parangkusumo memiliki gundukan pasir dengan ketinggian berbeda–beda.

Anda dapat melakukan berbagai aktivitas di Gumuk Pasir Parangkusumo. Aktivitas kekinian yang sedang diburu wisatawan adalah bermain sandboarding. Permainan atau olahraga ini mirip snowboarding. Jika tidak ingin bermain sandboarding, Anda bisa bermain-main bersama pasirnya yang lembut. Anda juga bisa bermain dengan riak ombak yang begitu indah. Perpaduan alam yang sangat memanjakan untuk berelaksasi sepuasnya.

Jika Anda hobi fotografi, Gumuk Pasir Parangkusumo juga tempat yang tepat untuk berburu gambar menarik. Terutama saat sore hari, menjelang sunset datang menghampiri. Tidak sedikit pula pasangan yang melakukan foto prewedding di sini. Jika bosan dan ingin mengunjungi destinasi wisata lainnya, tinggal menyusuri bibir pantai saja. Karena Gumuk Pasir Parangkusumo berada di antara Pantai Parangtritis, Pantai Cemara Sewu atau ke Pantai Depok. Anda juga bisa tandem paralayang di Bukit Paralayang Parangtritis.

Rute menuju Gumuk Pasir Parangkusumo cukup mudah. Dari pusat Kota Yogyakarta, langsung saja ambil arah menuju ke jalan parangtritis. Ikuti jalan ke arah selatan dengan jarak tempuh sekitar 35 kilometer. Harga tiket masuk ke Gumuk Pasir Parangkusumo sangat terjangku, Anda hanya mengeluarkan biaya Rp5.000.  Sementara biaya parkirnya Rp2.000. Bagi wisatawan yang ingin menikmati fasilitas sandboarding, biaya sewa papan sekitar Rp150.000-Rp200.000. Jika belum bisa menggunakan papan sanboarding, akan ada pemandu yang siap membantu.


Editor : Vien Dimyati