Cahaya Hati Indonesia

Berpikir sebagai Zikir agar Indah di Hari Akhir

Diaz Abraham ยท Minggu, 06 Januari 2019 - 07:01 WIB
Berpikir sebagai Zikir agar Indah di Hari Akhir

Program religi Cahaya Hati Indonesia iNews pada Minggu (6/1/2019) siang akan mengupas tema tengan berpikir sebagai zikir. (Foto: ilustrasi/AFP).

JAKARTA, iNews.id – Allah dengan segala kemurahan telah menjadikan manusia sebagai mahkluk sempurna dan termulia dari seluruh ciptaan-Nya. Kesempurnaan itu terletak pada akal.

Tak bisa dimungkiri bahwa akal merupakan berkah luar biasa. Akal menjadi pembeda manusia dengan makhluk lain seperti hewan dan tumbuhan.

“Sesungguhnya binatang (makhluk) yang seburuk-buruknya pada sisi Allah ialah; orang-orang yang pekak dan tuli yang tidak mengerti apa-apapun” (QS Al-Anfal: 22).

Dengan akal pula, manusia bisa mengembangkan pikirannya untuk berinovasi atau berkreasi. Lewat akal pula manusia dapat berpikir mana baik dan buruk dalam mengambil keputusan.

Berpikir bagi ilmu pengetahuan modern dilakukan untuk mengkaji, menambah, ataupun menemukan ilmu-ilmu baru demi kelangsungan hidup manusia di masa depan.

Berpikir tak hanya diartikan untuk mengkaji tapi juga mengingat sesuatu, termasuk dengan Sang Pencipta, Allah SWT. Zikir, begitulah kaum muslim biasa menyebutnya. Berzikir nyatanya keharusan bagi orang beriman.

Berpikir dan berzikir merupakan dua hal yang tak bisa dilepaskan. Tiap umat tak bisa menafikan keduanya dalam menjalankan aktivitas sehari-hari sehingga kita harus mengingat Allah dalam tiap langkah agar keputusan yang diambil benar adanya.

Menjadikan berpikir sebagai jalan untuk selalu berbuat kebaikan dan mengingat serta menyebut nama Tuhan (zikir) tentunya semata-mata untuk mencapai rida Allah. Jika pada masanya ketika kehidupan selesai, berpikir sebagai zikir akan menjadi penolong di hari akhir.

Agar umat muslim selalu berpikir tentang semua jalan yang dikehendaki Allah, program religi Cahaya Hati Indonesia pada Minggu (6/1/2019) mengupas tema “Jadikan Berpikir Menjadi Zikir”.

Di acara tabligh akbar ini pengasuh Pondok Pesantren Daarut Tauhiid, Bandung, Jawa Barat KH Abdullah Gymnastiar atau dikenal dengan nama Aa Gym dijadwalkan memberikan tausiah. Tayangan ini bisa disaksikan pukul 12.30 WIB, hanya di iNews.

Editor : Zen Teguh