Biasa Host, Robby Purba Kesulitan Jadi Dubber di Film Animasi Titus: Mystery of The Enygma

Siska Permata Sari ยท Selasa, 07 Januari 2020 - 12:05 WIB
Biasa Host, Robby Purba Kesulitan Jadi Dubber di Film Animasi Titus: Mystery of The Enygma

Robby Purba kesulitan jadi dubber di Titus: Mystery of The Enygma. (Foto: Instagram).

JAKARTA, iNews.id - Terbiasa menjadi host atau pembawa acara, Robby Purba mengaku merasa kesulitan ketika didapuk sebagai pengisi suara untuk film animasi Titus: Mystery of The Enygma. Dia mengatakan, ada tantangan tersendiri saat menjadi dubber dalam film animasi, apalagi ia mengisi suara karakter kucing jahat, yang berbeda dengan suara aslinya.

"Yang pasti kesulitannya merubah suara kita kan ya menjadi karakter yang berbeda sekali dengan kita sehari-harinya. Apalagi kalau kita terbiasa dengan pakem sebagai penyiar atau pembawa acara pasti kita udah terbiasa dengan suara kita yang terlatih. Tiba-tiba switch ke suara kita yang bukan sehari-hari. Jadi susah sih," ujar Robby Purba saat ditemui di kawasan Jakarta Selatan, belum lama ini.

Robby mengatakan, ada beberapa yang diperhatikan saat menjadi dubber daripada sebagai host dan penyiar. Di antaranya menjaga tenaga, emosi, dan amarah si karakter tetap stabil serta sesuai dengan karakter Bulpan tersebut, yang menjadi karakter antagonis di Titus: Mystery of The Enygma.

"Kita juga enggak boleh melakukan pergerakan yang terlalu banyak, kalau enggak nanti ada suara-suara yang tidak diinginkan, jadi kerekam. Itu susahnya sih," ujar pria 33 tahun ini.

Selain mengubah suara, yang tak kalah menjadi tantangan Robby adalah harus berdiri saat mengambil suara. Padahal, waktu untuk dubbing bisa memakan waktu hingga enam jam.

"Kebetulan kalau aku memang beberapa karakter menguras emosi dan jiwa semua. Mau enggak mau aku ambil suaranya berdiri, kalau duduk kayak kurang, aku merasa enggak natural suaraku keluarnya. Jadi ya, berjam-jam berdiri, untung terbiasa di atas panggung," ujarnya.

Film animasi Titus: Mystery of The Enygma ini sendiri menceritakan tentang karakter Titus, tikus tanah yang menjadi detektif untuk memecahkan misteri tentang enygma. Itu adalah sebuah perangkat yang ditemukan ilmuan untuk menghasilkan energi bersih tanpa batas.

Tak sekadar menghibur layaknya film animasi, Titus: Mystery of The Enygma ini juga mengangkat isu terkait lingkungan, terutama polusi udara. Sehingga juga menghadirkan nilai edukatif yang cocok untuk anak-anak hingga remaja.

Selain Robby Purba sebagai dubber Bulpan, karakter-karakter di film ini pun suaranya diisi oleh para aktor dan aktris. Di antaranya Arbani Yasiz (Titus), Ranty Maria (Fyra), dan Lukman Sardi (Bobit).

Editor : Adhityo Fajar