Cetak Sejarah, Parasite Borong 6 Nominasi Oscar 2020

Siska Permata Sari ยท Selasa, 14 Januari 2020 - 17:20 WIB
Cetak Sejarah, Parasite Borong 6 Nominasi Oscar 2020

Film asal Korea Selatan, Parasite borong enam nominasi Oscar 2020. (Foto: Indiewire)

JAKARTA, iNews.id - Daftar lengkap nominasi ajang penghargaan tahunan bagi industri film Academy Awards ke-92 atau Oscar 2020 telah diumumkan pada Senin 13 Januari 2020. Film Joker berhasil meraup 11 nominasi dan kembali menjadi sorotan bagi penikmat film dunia.

Tak hanya Joker, film asal Korea Selatan, Parasite garapan sutradara Bong Joon Ho juga berhasil mencetak sejarah baru sebagai film berbahasa asing yang berhasil meraup enam nominasi. Termasuk, nominasi utama yaitu 'Best Picture' dan tentu saja, Film Berbahasa Asing Terbaik.

Tidak hanya itu, Parasite juga membawa sang sutradara, Bong Joon Ho dinominasikan untuk Sutradara Terbaik. Dalam kategori itu, dia bersaing dengan sutradara The Irishman, Martin Scorsese, Todd Philips (Joker), Sam Mendes (1917) dan Quentin Tarantino (Once Upon a Time In Hollywood).

Kemudian nominasi juga diraih untuk kategori skenario asli dengan Jin Won Han, penyuntingan film terbaik untuk Jinmo Yang dan nominasi di kategori desain produksi terbaik untuk Lee Ha Jun dan Cho Won Woo.

Dalam sebuah wawancara dengan Variety pada November lalu, Bong Joon Ho mengatakan, dia berharap perhatian Oscar akan mendorong pemirsa untuk mengetahui lebih banyak tentang film-film asal Korea Selatan.

"Sinema Korea memiliki sejarah panjang. Ada banyak master yang belum diperkenalkan ke penonton di Barat. Akan sangat bagus jika mereka akan lebih tertarik pada sinema Korea karena nominasi saya," kata Bong Joon Ho, seperti dikutip dari Variety, Selasa (14/1/2020).

Sebelumnya, Parasite disambut hangat oleh para kritikus dunia ketika ditayangkan perdana di Festival Film Cannes 2019. Ini juga kemudian menjadi film Korea pertama yang memenangkan Palme d'Or, kehormatan tertinggi di Cannes.

Selain itu, baru-baru ini film yang dibintangi Song Kang-ho, Park So-dam, dan Choi Woo-shik itu juga berhasil memboyong penghargaan Golden Globe 2020 untuk Film Berbahasa Asing Terbaik.


Editor : Tuty Ocktaviany