Cahaya Hati Indonesia

Gaya Hidup Kekinian dalam Pandangan Islam

Diaz Abraham ยท Sabtu, 08 Desember 2018 - 07:11 WIB
Gaya Hidup Kekinian dalam Pandangan Islam

Tabligh Akbar Cahaya Hati Indonesia pada Sabtu (8/12/2018) siang ini akan mengulas tentang gaya hidup kekinian dalam pandangan islam. (Foto: iNews).

JAKARTA, iNews.id - Gaya hidup manusia terus berubah mengikuti zaman. Coba perhatikan sekitar kita, tren terus berkembang, dari pakaian, makanan, hingga olahraga.

Lalu, bagaimana jika kita melihatnya dalam perspektif Islam? Apakah beragam gaya hidup kekinian itu sesuai tuntunan syariat? Untuk melihatnya tentu Alquran dan Hadist Nabi Muhammad SAW akan menjadi rujukan.

Sungguh menarik mencermati sebagian besar tren sekarang ini tidak lepas dari ajaran agama. Sebagai contoh perkembangan busana. Bagi umat muslim, menjaga aurat amat lah penting sehingga kita kenal adanya hijab bagi perempuan.

Saat ini para perancang busana berlomba-lomba menghadirkan busana terbaik muslim terbaik. Begitu pun dengan model hijab yang terus berevolusi kian cantik. Berbusana dengan benar, sopan, dan cantik sesungguhnya dianjurkan dalam Islam.

“Hai Anak Adam, sesungguhnya Kami telah menurunkan kepadamu pakaian untuk menutup auratmu dan pakaian indah untuk perhiasan. Dan pakaian takwa itulah yang paling baik. Yang demikian itu adalah sebagian tanda-tanda kekuasaan Allah. Mudah-mudahan mereka selalu ingat.” (QS Al-A’raf:26)

Itu dari sisi busana. Menjaga kesehatan pun telah digariskan dalam Islam yakni agar umat memanfaatkan waktu di malam hari untuk tidur dan siang untuk bekerja, seperti terdapat dalam Surat An-Naba ayat 9-11:

“Dan Kami menjadikan tidurmu untuk istirahat, dan Kami menjadikan malam sebagai pakaian, dan Kami menjadikan siang untuk mencari penghidupan”. (An-Naba’; 9 -11)

Untuk menjaga tubuh tetap fit, selain olahraga dan menggunakan waktu secara imbang, Allah juga mengingatkan agar kita tidak berlebih-lebihan dalam sesuatu.

“Hai anak Adam, pakailah pakaianmu yang indah di setiap (memasuki) masjid, makan dan minumlah, dan jangan berlebih-lebihan. Sesungguhnya Allah tidak meyukai orang yang berlebih-lebihan (QSAl-A’raf: 31).

Seluruh anjuran gaya hidup masa kini yang tepat bagi umat muslim menurut syariat Islam akan disampaikan melalui program religi Cahaya Hati Indonesia. Tiga ulama yang akan menyampaikan tausiahnya yakni Ustaz Fikri Haikal MZ, Ustaz Aam Amirudin, dan Ustaz Das’ad Latif.

Program akan disiarkan dari Masjid Jami Al Ma’wa Karang Tengah, Cileduk, Sabtu (8/12/2018) pukul 12.30-14.00 WIB hanya di iNews.


Editor : Zen Teguh