Ternyata, Ini Lho Bedanya Catatan Akhir Sekolah: The Series dengan Versi Film Terdahulu

Raden Yusuf Nayamenggala ยท Senin, 05 Desember 2022 - 23:56:00 WIB
Ternyata, Ini Lho Bedanya Catatan Akhir Sekolah: The Series dengan Versi Film Terdahulu
Catatan Akhir Sekolah: The Series merupakan original series Vision+ yang menggunakan intellectual property (IP) film Catatan Akhir Sekolah yang dirilis pada tahun 2005. (Foto: Instagram)

JAKARTA, iNews.id - Vision+ secara resmi telah merilis original series terbarunya yang berjudul "Catatan Akhir Sekolah: The Series" pada Senin (5/12/2022). Serial ini merupakan kerja sama dari Vision+ dengan Paragon Pictures dan Ideosource Entertainment.

Sebagaimana diketahui, Catatan Akhir Sekolah: The Series merupakan original series Vision+ yang menggunakan intellectual property (IP) film Catatan Akhir Sekolah yang dirilis pada tahun 2005. Pada saat itu, film ini sangat populer, namun di series ini dikemas dalam versi series dan dengan cerita baru.

Salah satu orang yang terlibat dalam series ini yakni Fallissa Putri selaku penulis naskah. Saat menulis naskah Catatan Akhir Sekolah: The Series, dia  mengaku bahwa proses penulisannya memakan waktu yang cukup lama.

"Nulis skenario serial ini dari 2020, selama 2020-2021 dan awal 2022 itu proses brain storming development dan karakterisasi hingga akhirnya jadi script itu, 2 tahun berarti kurang lebih, lumayan lama," kata Fallissa saat ditemui MNC Portal di MNC Studios Tower 1, Kebon Jeruk, Jakarta Barat, Senin (5/12/2022).

Dia menjelaskan, proses penulisan yang cukup lama itu karena serial ini terdiri dari 10 episode dan ada enam karakter yang diceritakan. Diadaptasi dari film Catatan Akhir Sekolah, Fallissa mengatakan bahwa di serial ini tidak menghilangkan unsur-unsur penting yang ikonik dari film, meski menghadirkan cerita yang berbeda.

"Yang kami ambil dari film lama ini spiritnya, kalau cerita dan karakter berbeda semuanya. Jadi, istilahnya serial ini reboot dari Catatan Akhir Sekolah yang lama, yang kami bawa adalah spiritnya yaitu sebelum lulus mau meninggalkan apa, dan rasa SMA-nya juga masih dibawa," ujar dia.

Satu hal juga yang cukup menarik dan mungkin menjadi pertanyaan publik, yakni perbedaan nama karakter dan munculnya karakter baru yang tidak ada di film Catatan Akhir Sekolah (2005). Mengenai hal itu, Fallissa menjelaskan, Catatan Akhir Sekolah: The Series ingin menyuguhkan sesuatu yang lebih fresh, dan bukan lanjutan cerita dari film.

"Kalau di sini kan kita cerita yang baru, kalau namanya mirip takutnya orang mikir 'oh ini remake dari karakter yang lama nih', atau lanjutin cerita yang dulu, takutnya ada kesalahpahaman seeperti itu, akhirnya kita ganti nama karakter semuanya, karena ceritanya beda juga," kata Fallissa

Untuk porsi masing-masing karakter pada serial tersebut, Fallissa menyampaikan, memang ada yang cukup besar yakni pada karakter utama Javit dan Anggita. Tapi, bukan berarti cerita hanya soal Javit dan Anggita saja, karena karakter lainnya seperti Grace, Robert, Dini, dan Mario pun memiliki peran yang cukup menarik.

"Semua karakter disini berbeda-beda saling mengisi dan melengkapi," tutur Fallissa.

Mengenai hasilnya, setelah serial tersebut rampung, Fallissa sebagai pnulis naskah mengaku hasilnya sangat melebihi ekspektasi, dan merasa sangat senang melihatnya.

"Ini melebihi ekspektasi, karena pada saat aku nulis film, yang ada di kepala aku diterjemahkan lagi kepada para kru, sebelum lihat hasilnya deg-degan,tapi pas lihat hasilnya ternyata lebih bagus lagi dari yang aku pikirin gambarnya, aku sangat happy sih liat hasilnya," ujar Fallissa.

Sebagai informasi, "Catatan Akhir Sekolah: The Series" telah resmi tayang secara eksklusif di Vision+. Di mana serial akan tayang dengan total 10 episode.

Editor : Siska Permata Sari

Follow Berita iNews di Google News

Bagikan Artikel:




Lokasi Tidak Terdeteksi

Aktifkan untuk mendapatkan berita di sekitar Anda