Cahaya Hati Indonesia

Tingkatkan Persaudaraan Antarumat dengan Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiah

Diaz Abraham ยท Sabtu, 10 November 2018 - 06:14 WIB
Tingkatkan Persaudaraan Antarumat dengan Nilai-Nilai Ukhuwah Islamiah

Cahaya Hati Indonesia di iNews, siang ini akan mengangkat tema "Menjaga Ukhuwah Islamiah". (Foto: iNews.id/dok).

JAKARTA, iNews.id – Setiap manusia di dunia ini memiliki kekurangan dan kelebihan. Namun di antara kekurangan dan kelebihan itu, jika disikapi dengan rasa saling menghormati dan menghargai akan tercipta kerukunan.

Dalam Islam, Alquran mengajarkan tentang pentingnya hubungan persaudaraan di antara umat Islam yang dikenal dengan istilah ukhuwah islamiah. Perbedaan merupakan hal kodrati, tetapi itu bukan bahan untuk menanam kebencian atau saling memusuhi.

Surah An Nahl Ayat 90 menyatakan, “Sesungguhnya Allah menyuruh kamu berlaku adil dan berbuat kebajikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran dan permusuhan. Dia memberi pengajaran kepada kamu agar kamu dapat mengambil pengajaran.”

Berkenaan dengan hubungan yang harus dipelihara dengan sesama manusia, Rasulullah SAW juga telah memberikan tuntunannya. Disebutkan dalam hadist Nabi, “Belum disebut beriman salah seorang di antara kamu sehingga dia mencintai saudaranya sebagaimana dia mencintai dirinya sendiri“ (HR Bukhari).

Banyak adab bagi umat Islam untuk bisa mewujudkan ukhuwah ini, antara lain senantiasa berprasangka baik. Tuntutan ini secara komprehensif akan diulas dalam program acara Cahaya Hati Indonesia di stasiun televisi iNews.

Mengangkat tema "Menjaga Ukhwah Islamiah", tiga ulama akan memberika tausiahnya yakni Habib Nabiel Bin Fuad Al Musawa, Syeikh Fikri Thoriq, dan Ustadz Ashari Nasution. Tayangan ini bisa disaksikan pada hari Sabtu (10/11/2018), di iNews pukul 12.30 WIB.


Editor : Zen Teguh