1.986 Orang Positif Covid-19 di Indonesia, Yuk Lakukan 7 Hal Ini Selama Karantina Mandiri

Siska Permata Sari ยท Jumat, 03 April 2020 - 17:33 WIB
1.986 Orang Positif Covid-19 di Indonesia, Yuk Lakukan 7 Hal Ini Selama Karantina Mandiri

Lakukan banyak aktivitas selama karantina mandiri. (Foto: The F Thing)

JAKARTA, iNews.id - Pandemi virus corona (Covid-19) masih terjadi di ratusan negara, termasuk Indonesia. Berdasarkan data resmi dari pemerintah per Jumat (3/4/2020), pasien positif terinfeksi virus corona telah mencapai 1.986 orang.

Peningkatan kasus positif virus corona dalam beberapa pekan terakhir, membuat pemerintah mengeluarkan imbauan bagi masyarakat untuk melakukan social atau physical distancing. Ini bertujuan untuk mencegah atau menghambat penyebaran virus corona.

Akibatnya, banyak orang yang kini terpaksa melakukan segala hal di rumah. Bagi sebagian orang, berada seharian di rumah adalah hal yang membosankan. Tetapi jangan khawatir, ada beberapa cara seru yang dapat dilakukan di rumah selama masa pandemi ini.

Apa saja? Mari simak informasinya seperti dirangkum dari Letter F The F Thing, Jumat (3/4/2020).

1. Mencoba resep masakan baru

Setelah menonton sekian banyak series The Chef’s Table atau Masterchef, pasti Anda ingin jago masak. Mungkin selama ini terhalang dengan kalimat ‘terlalu lelah’ atau ‘tidak sempat’, tapi sejak Anda diharuskan berada di rumah, Anda bisa mencoba resep-resep baru yang simpel seperti donat, kue cokelat, atau dalgona coffee yang kekinian.

2. Menonton series atau film di Netflix

Netflix / iflix / HOOQ / VIU, apa pun langganan platform film yang kalian gunakan, pasti punya jutaan film atau serial yang belum ditonton. Selama berada di rumah, tentu Anda memiliki banyak waktu luang untuk menonton film atau series yang Anda sukai atau ada di watchlist Anda. Menonton film atau series juga dapat menjadi distraksi Anda dari kecemasan terkait virus corona.

3. Online Work-Out

Gym dan studio memang sudah tutup untuk beberapa waktu ke depan, tapi bukan berarti kalian tidak bisa berolahraga. Anda bisa memulainya dengan membuka YouTube dan carilah panduan olahraga yang bisa Anda lakukan di rumah. Jika merasa kesepian, Anda juga bisa mencoba ajak teman dan olahraga bersama melalui video-call.

4. Komunikasi dengan orang terkasih

Berada di rumah adalah kesempatan bagi Anda menjalin komunikasi dengan orang terkasih yang ada di rumah. Tetapi bagi yang tidak lagi tinggal dengan orangtua, cobalah telefon atau videocall mereka. Tanyakan kabar mereka. Dengan adanya virus ini, mungkin kita diminta untuk lebih sadar diri dan kembali ke asal muasal kita.

5. Membaca novel

Kita semua pasti punya buku yang dibeli karena hanya ingin membelinya, tapi sampai sekarang masih terbungkus rapi di dalam lemari. Nah, sekarang saatnya buku-buku itu dikeluarkan dan dibaca. Banyak pelajaran yang akan didapat dari sebuah buku daripada membaca berita-berita hoax tentang Covid-19 di luar sana.

6. Bersih-bersih

Kamar atau rumah Anda mungkin butuh dibersihkan secara berkala tapi, apalagi di masa pandemi virus corona ini. Jadi, Anda bisa mulai bersih-bersih rumah, kamar, atau permukaan-permukaan benda yang sering disentuh.

7. Belanja online

Di zaman yang serba canggih, Anda bisa melakukan apa saja di rumah, salah satunya belanja. Tinggal scroll, pesan, bayar, dan duduk manis menunggu barangnya datang.

Meskipun di rumah, jangan lupa juga untuk jaga kebersihan individual seperti mandi dan mencuci tangan. Kalau tangan mulai terasa kering karena terlalu sering mencuci tangan, coba untuk pakai hand-cream. Jika memang harus bepergian, jangan lupa gunakan masker dan segera mandi ketika sudah sampai rumah.

Editor : Tuty Ocktaviany