238 WNI di Natuna Akan Dipulangkan, Kemenkes: Mereka Sehat Kok

Annisa Fahmi ยท Kamis, 13 Februari 2020 - 20:46 WIB
238 WNI di Natuna Akan Dipulangkan, Kemenkes: Mereka Sehat Kok

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto. (Foto: iNews.id/Annisa Fahmi)

JAKARTA, iNews.id – Pemulangan ratusan warga negara Indonesia (WNI) dari China serta petugas lain di Natuna, dijadwalkan Sabtu 15 Februari 2020. Selama 12 hari ini, mereka menjalani karantina untuk memastikan tidak terpapar virus korona (COVID-19).

Sekretaris Direktorat Jenderal Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P) Kemenkes Achmad Yurianto mengatakan, karantina akan berakhir pada 15 Februari.

“Observasi diakhiri pada Sabtu 15 Februari, pukul 12.00. Artinya, Sabtu pagi adalah pengecekan kesehatan terakhir. Setelah itu, kita akan menyiapkan mereka untuk bisa persiapan kembali ke Jakarta. Rencananya dari jam 07.00 ke Jakarta. Estimasi terbang satu jam lebih,” tutur Yuri langsung dari Natuna melalui Face App di Ruang Naranta, Kemenkes, Jakarta, Kamis (13/2/2020).

Yuri mengatakan, pesawat yang akan membawa 238 WNI dari Natuna adalah dua pesawat Boeing 737 dan satu pesawat Hercules. Ini merupakan pesawat yang menjemput mereka dari Wuhan, China menuju Bandara Hang Nadim, Batam.

Tak hanya itu, Yuri juga menambahkan bahwa Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto, Kemenko PMK dan pejabat lainnya akan ikut menjemput WNI dari Natuna menuju Jakarta. Sesampainya WNI di Jakarta, kata Yuri, Komisi 9 DPR RI akan menyambut kedatangan WNI dari Natuna yang akan mendarat di Bandara Halim Perdana Kusuma, Jakarta.

“Di Halim, anggota Komisi IX DPR berjanji akan menyambut kedatangan mereka. Kemudian kami sudah berkoordinasi juga dengan Kementerian Dalam Negeri bahwa pemerintah daerah juga akan ikut dalam penyambutan kedatangan mereka,” katanya.

Sejauh ini, 238 WNI dinyatakan sehat dan negatif korona. Yuri juga menambahkan bahwa setelah pemulangan ke Jakarta, WNI yang datang dari Wuhan tidak perlu diobservasi lagi karena mereka pulang dalam keadaan sehat.

“Kalau sampai Jakarta, ya nggak perlu diisolasi lagi. Mereka sehat kok,” ucap Yuri.

Editor : Tuty Ocktaviany